Polres Karanganyar Gelar Apel Persiapan Operasi Patuh Candi 2019

Wakil Bupati Karanganyar, Rober Cristanto apel pada operasi patuh

Karanganyar. (29/8)

Karanganyar – Polres Karanganyar gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Candi 2019 di Lapangan Polres Karanganyar, Kamis (29/8). Dalam Apel dihadiri Wakil Bupati, Dandim 0727, Kepala Kejaksaan serta Kapolres Karanganyar yang bertindak selaku inspektur apel.

Operasi Patuh Candi 2019 digelar selama 2 minggu mulai dari tanggal 29 Agustus sampai 11 September 2019. Polres Karanganyar juga menggandeng stakeholder yang terkait seperti Dishub, TNI dan Kejaksaan demi kelancaran Operasi Patuh Candi 2019.

Sasaran pada Operasi Patuh Candi 2019 yakni tidak menggunakan helm SNI, anak dibawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor, melebihi batas kecepatan, mengendari dalam pengaruh alcohol, menggunakan lampu strobo, melawan arus dan angutan barang yang melebih daya angkut.

Pada Operasi kali ini menggunakan pola operasi patuh sehingga tindakan yang dilakukan 60% penegakkan hukum, 20% tindakan preventif dan 20% tinakan represif
Polres Karanganyar menyampaikan bahwa pekanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jawa Tengah mengalami peningkatan. “tapi kalo di Karanganyar sendiri untuk pelanggaran juga mengalami peningkatan, yang memyebabkan tingkat kecelakaan fatal mengalami peningkatan sebanyak lima sampai sepuluh persen” imbuhnya.

“pasti ada beberapa penyebab kecelakaan yang pertama sarana prasaran, kedua human error, kebanyakan pengemudi kurang mengantisipasi di tempat-tempat yang rawan kecelakaan’ ujar Kapolres. Sementara dengan adanya kasus-kasus tersebut pihak kepolisian samoai saat ini terus megevaluasi dengan sektor terkait seperti Dishub dengan memasang baliho, pita kejut agar pengendara sadar akan temoat tersebut rawan kecelakaan.

Sementara itu, sebelum penindakan Polres Karanganyar akan mengadakan sosialisasi, penyuluhan-penyuluhan, untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan.

Kapolres Karanganyar berharap dengan sering adanya penyuluhan dan dengan seiringnya waktu masyarakat akan lebih sadar mentaati peraturan lalu lintas. Karena sampai saat ini, kesadaran masyarakat masih kurang. “kita harus budayakan kesadaran jika tidak ada petugas maka tidak sadar, ketika ada petugas baru sadar. Kalo bisa itu ada atau tidak polisi tetap harus tertib” imbuhnya.

Wakil Bupati, Kapolres dan Dandim 0727 menutup acara apel dengan mengecek seluruh kendaraan dinas yang akan dipergunakan untuk kelancaran Operasi Patuh Candi 2019.

Demikian DISKOMINFO (Tgr/Ard/Sgt)