22 TPQ Ramaikan Lomba Rampak Beduk Gema Takbir Idul Adha

Kominfo
Bupati Karanganyar H. Juliyatmono saat memberikan sambutan dan pengarahan dalam acara Festifal/Rampak Beduk TPQ se-Kabupaten Karanganyar guna memperingati malam takbir Idul Adha, Sabtu(10/08/19)

Karanganyar – 10 Agustus 2019

Sebanyak 22 TPQ yang berasal dari TPQ se-Kecamatan Karanganyar dan sekitarnya mengikuti lomba gema takbir Idul Adha di Halaman Masjid Agung Karanganyar, Sabtu (10/8/2019) malam.

Terlebih dahulu anak-anak TPQ mengikuti kirab takbir, mengelilingi Lapangan Alun-Alun Karanganyar sembari mengumandangkan takbir. Penampilan rampak bedug dari Kecamatan Jumapolo menjadi pembuka lomba gema takbir pada malam itu.

“Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar,..”

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengajak para hadirin yang ada di halaman Masjid Agung untuk mengumandangkan takbir bersama-sama.

“Ini upaya kita memberikan pendidikan kepada anak-anak dan generasi mendatang. Mengisi memori fikiran mereka, betapa indahnya agama islam. Betapa indahnya hidup rukun di negara kesatuan RI,” kata Juliyatmono.

Melalui kegiatan ini Juliyatmono mengajak kepada masyarakat untuk terus berlatih berkorban serta jangan pernah lelah berbuat baik. “Bagi anak-anak berlatih terus membantu sesama. Latihan Berbagi, gotong royong. Menghormati orang tua. Belajar agama dengan baik,” terangnya.

Juliyatmono berharap, semoga seluruh yang telah diberikan, sekecil apapun baik itu berupa tenaga, ilmu, harta benda dapat bermanfaat untuk kemaslahatan umat. “Bertepatan dengan hari HUT Kemerdekaan RI ke-74, semoga Indonesia menjadi negeri baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” ungkapnya.

Ketua Takmir Masjid Agung Karanganyar, Abdul Muid menyampaikan, ada serangkaian acara dalam menyambut Hari Idul Adha ini. “Tadi seusai salat asar, dilaksankan dengan doa bersama dan dzikir, bertepatan dengan Hari Arafah. Malam ini diadakan kirab takbir dan lomba gema takbir. Untuk menyenangkan anak-anak. Sehingga kelak ketika dewasa, mereka dapat mengingat-ingatnya,” katanya, Sabtu (10/8/2019). Lebih lanjut Abdul menambahkan, salat Idul Adha akan diselenggarakan di Alun-Alun Karanganyar.

Bertindak selaku imam dan khotib, yakni Syekh Ali Jaber. Seusai salat akan dilanjutkan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Agung. Adapun dalam lomba gema takbir, masing-masing peserta akan tampil selama 4 menit. Peserta asal Kerten RW 9 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar, TPQ Al-Hasanah tampil mengenakan seragam TPQ mereka dan dilengkapi aksesoris selempang dan mahkota dari daun nangka.

Pendamping TPQ Al Hasanah, Fadila menyampaikan, ini baru pertama kali mengikuti lomba gema takbir.

“Anak-anak antusias. Sekaligus mengenalkan kepada anak-anak. Ada 20 orang yang tampil. Persiapan sekitar seminggu. Karena bertepatan masuk sekolah, latihan bakda maghrib sampai pukul 21.00,” katanya.

Ia berharap dengan kegiatan ini anak-anak tidak bosan dan semakin kreatif. “Semoga mereka senang dan menikmati masa-masa kecil di TPQ,” ungkapnya. Penamping lainnya, Zainal Abidin menambahkan, TPQ Al-Hasanah mendapatkan juara pertama saat kirab takbir jelang Hari Raya Idul Fitri yang juga diselenggarakan di Halaman Masjid Agung bulan lalu.

“Dengan keikutsertaan di lomba gema takbir ini, harapannya mendapatkan juara lagi,” pungkasnya.(Ard/Tgr)