WAYANG SEMINAR RUWATAN MURWAKALA DI SANGGAR KLODRAN

Beberapa Naraaumber yang hadir di Wayang Seminar di Sanggar Klodran

KARANGANYAR – Sarasehan 2nd Annual Wayang Seminar 2019 dengan topik utama “Ruwatan Murwakala” di Sanggar Klodran Tugu Boto, Colomadu pada Selasa (30/7). Narasumber yang hadir dalam acara ini merupakan para ahli di bidang wayang dan pedalang.

Seminar ini merupakan yang kedua kalinya dan diadakan di Sanggar Klodran pada 28 Juli sampai 30 Juli 2019. Namun yang dihadiri partisipan umum hanya tanggal 30 Juli saja. Pembahasan inti dalam acara ini seputar tentang tradisi Ruwatan yang konon dipercaya tradisi semacam ini digunakan untuk menjauhkan dari hal-hal negatif dan gangguan ghaib.

Ki Manteb Shodarsono saat penyampaian materi tentang Ruwatan

Dalang kondang Ki Manteb Shoedarsono dari Karangpandan hadir menjadi narasumber acara sarasehan lesehan ini. Dalam panyampaiannya mengatakan bahwa beliau sudah melakukan tradisi ruwatan sejak dahulu waktu masih muda. ” Saya sering dimintai tolong untuk meruwat orang lain supaya terhindar dari segala marabahaya, menurut saya ruwat ini tidak masalah untuk dilakukan, karena pada dasarnya semua didasarkan pada niat masing-masing pribadi untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa” tambahnya. Selain Ki Manteb hadir juga narasumber dari beberapa daerah lain diantaranya dari Klaten, Sragen, Wonogiri, Pacitan, Blitar, Boyolali, Kartasura dan Surakarta.

Ada yang istimewa dari acara ini daripada seminar pada umumnya. Seminar ini disampaikan dengan bahasa Jawa Krama dan di terjemahkan langsung dengan bahasa Inggris karena terdapat beberapa  partisipan dari mancanegara yaitu dari Mexiko, Amerika, German, dan juga Jepang.

Demikian Diskominfo (In/An/Wk)