KUNJUNGAN KERJA FK-METRA KABUPATEN GARUT SEMOGA ADA SEGAR DI GARUT

Jika di Karanganyar ada Seniman Karanganyar (SEKAR), mudah-mudahan setelah kunjungan kerja Forum Komunikasi Media Tradisional Kabupaten Garut ke Kabupaten Karanganyar, di Garut terbentuk Seniman Garut (SEGAR) . Itulah salah satu harapan yang terbalut dalam joke-joke ringan saat Forum Komunikasi Media Tradional (FK Metra) Kabupaten Garut berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Rombongan FK Metra Kabupaten Garut yang dipimpin oleh Bapak Yayan, S.IP.,M.Si Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut diterima oleh Asisten Pemerintahan Sekda sekaligis Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar, Bapak Drs.Bachtiyar Syarif, di Ruang Podang I Kantor Bupati Karanganyar, Jumat (26/7).

Kunjungan kerja rombongan FK Metra Garut bertujuan untuk menggali informasi terkait pemberdayaan FK Metra Kabupaten Karanganyar yang telah berhasil menorehkan prestasi sebagai juara 2 penampil terbaik dalam ajang Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SIAK) tahun 2017 yang diadakan Kementrian Kominfo di Palembang.
Asisten Pemerintahan Sekda Drs.Bachtiyar Syarif mewakili Bupati Karanganyar menyambut baik kunjungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut beserta seluruh rombongan FK Metra. Diharapkan kunjungan ini bisa menjadi ajang sharing bagaimana pemberdayanan FK Metra di kedua kabupaten, berharap tahun depan bisa bertemu maju bersama dalam final di tingkat nasional. Di Kabupaten Karanganyar sendiri pemberdayaan FK Metra merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pembina seniman/ budayawan dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar sebagai leading sector penyebaran informasi publik melalui media tradisional.

 

 

Kunjungan Kerja FK Metra Kabupaten Garut di Kabupaten Karanganyar, 26 juli 2019 . 

Dalam sesi sharing informasi, diketahui di Kabupaten Garut sudah terbentuk FK Metra di 42 kecamatan namun belum memiliki Forum Komunikasi Media Tradisional di tingkat kabupaten. Hampir sama dengan Kabupaten Karanganyar yang memiliki seni berbasis kearifan lokal, di Kabupaten Garut terdapat Longser,Ngabajidor, Angklung, dan lain sebagainya. Sebagaimana disampaikan Bapak Joko Dwi Suranto,S.Sn dan Bapak Ari Kuntarto, S.Sn yang mewakili Disdikbud Kabupaten Karanganyar, di Karanganyar sudah terbentuk wadah Seniman Karanganyar yang disingkat SEKAR. Sekar mewadahi seluruh seniman Karanganyar untuk tampil dan membawa nama baik Kabupaten Karanganyar. Menurutnya agar FK Metra maju, utamakan panggilan hati untuk tampil maju membawa nama daerah, tidak lagi mengatasnamakan kelompok kesenian tertentu, pribadi, ketua atau nama dinas. Joko yang sekaligus adalah Ketua Sekar mengatakan bahwa Bupati sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang membawa nama harum Karanganyar di kancah luar, karenanya seniman membuktikan dengan sungguh-sungguh berkarya. Jika di Karanganyar sudah ada Sekar, Joko berharap di Garut akan terbentuk Segar alias Seniman Garut. (sofi/ diskominfo)