Penilaian Puskesmas Berprestasi Tingkat provinsi Jateng di Puskesmas Kebakkramat

 

KARANGANYAR-Puskesmas kebakkramat I di datangi oleh Tim penilai FKTP berpretasi tingkat provinsi jawa tengah tahun 2019 di UPT puskesmas kebakkramat I, senin(22/07).  Dalam pelayanan ini puskesmas setempat menyiapkan ojek asi untuk membantu para wanita pekerja agar tetap dapat memberikan asi pada bayinya.

Tim penilaian puskesmas berprestasi melakukan peninjauan terhadap Puskesmas Kebakkramat. Puskesmas Kebakkramat sendiri menjadi perwakilan Kabupaten Karanganyar dalam hal Puskesmas berprestasi untuk pelayanan publik. Karena inovasi dari puskemas setempat yakni ojek asi yang beberapa waktu lalu masuk dalam top 99 dalam hal inovasi pelayanan publik.

Kepala Puskesmas dr. Retno Sawartuti menyatakan pihaknya membuat inovasi ojek asi karena kepedulian mereka terhadap banyaknya wanita yang tidak dapat memberikan asinya lantaran pekerjaan. Karenanya mereka menyiapkan ojek atau pejemput asi dari ibu-ibu yang ingin menyalurkan asinya pada balitanya.

“Asi sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Karenanya kami siap membantu para wanita yang bekerja dalam memberikan asi ekslusif,”katanya.

Selain pelayanan ojek asi, Puskesmas Kebakkramat juga memiliki pelayanan untuk kalender ibu hamil, gerakan kasih sayang ibu, faskes trauma center terbaik tahun 2016, PLKK BPJS  ketenagakerjaan tertib administrasi, klaim tahun 2016 dan 2018.

Sementara Bupati Karanganyar mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja dan inovasi dari petugas Puskesmas Kebakkramat. Karena terobosan baru mereka mendapat ganjaran dari Kemenpan RB. Pihaknya berharap dengan adanya penghargaan semakin memotivasi para pegawai Puskesmas. “Ojek asi merupakan inovasi sangat baik. Karena asi merupakan susu formula yang sangat baik untuk menciptakan generasi sehat cerdas dan berkualitas,”terangnya.

Pelayanan dan fasilitas yang dimiliki Puskesmas Kebakkramat sendiri mendapat penilaian positif dari tim penilai propinsi. Seperti diungkapkan dokter Dani sebagai ketua tim penilai provinsi. Karena dari presentasi dan penilaian yang dilakukan tim provinsi, pelayanan dari Puskesmas sudah baik.

“Pelayanan kesehatan dan fasilitas sangat baik dan lebih dari yang kita bayangkan,”paparnya.

Penilaian pelayanan Puskesmas sendiri dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.Dalam penilaian ada tiga kategori yakni puskesmas perkotaan, puskesmas perdesaan dan klinik baik dr segi administasi, visitisasi lapangan.

Demikian Diskominfo (dn/ind/fjr)