Rakornas Forsakada Staff Ahli Di Tuntut Mampu Memberikan Ide Gagasan Untuk Kemajuan Daerah dan Bangsa

Karanganyar,

Rapat koordinasi nasional Forum Staff Ahli Kepala Daerah Seluruh Indonesia (Forsakada) digelar di Hotel Lor Inn, Rabu(10/7). Dari kegiatan rakornas ini para staff ahli diharapkan mampu memberikan ide atau gagasan untuk kemajuan pembangunan di daerah masing-masing dan kemajuan bangsa.

Rapat koordinasi staff ahli ini dihadiri para staf ahli dari berbagai daerah di tanah air. Turut hadir Sekjen Kemendagri sekaligus Pembina Forsakada Hadi Prabowo dan Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto.

Dalam sambutannya Hadi Prabowo menyatakan staf ahli harus memiliki ide atau gagasan untuk kemajuan daerah atau bangsa. Staf ahli harus berani menampilkan ide kreatif dan mampu memberikan solusi terhadap suatu permasalahan.

“Staf ahli harus dapat menjaga kompetensinya dan kemampuannya terhadap isu-isu strategis. Sehingga nantinya dapat membantu kepala daerah dalam mengambil keputusan,”katanya.

Ditambahkan dengan digelarnya rakornas Forsakada, staf ahli nantinya memiliki pedoman dalam pemantapan sikap sebagai staf ahli.

“Semoga hasil dari rakornas mampu menjadikan staf ahli semakin profesional dalam mengabdikan diri untuk kemajuan daerah,”katanya.

Sementara Teguh Hinarno, Ketua Pengurus Forsakada mengatakan rakornas ini merupakan wadah dari para staf ahli untuk menyatukan gagasan berkaitan tugas dan fungsi staf ahli di pemerintahan. Karena staf ahli sendiri memiliki posisi strategis lantaran memiliki fungsi untuk memberikan masukan atau ide gagasan kepada kepala daerah.

“Staff ahli merupakan konseptor bukan merupakan implementator. Karenanya para staf ahli harus dapat menjaga kompetensinya dibandingkan dengan pimpinan lainnya,”terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto dalam sambutannya mengatakan pihaknya berharap dari hasil rakornas Forsakada mampu menghasilkan suatu pedoman sebagai pegangan bagi para staf ahli di seluruh daerah di tanah air.

“Semoga forum ini menghasilkan suatu pedoman bagi staf ahli sehingga semakin kompeten dan profesional dalam membantu kepala daerah,”ucapnya.

Demikian Diskominfo (dn/ind/fajar)