Bawaslu Sosialisasikan Hasil Pemilu 2019 Kepada Media

 

Karanganyar – 28 Mei 2019

Tahapan pemilu 2019 sudah selesai. Rekap di tingkat nasional selesi walaupun ada gugatan di MK. Saya selaku ketua Bawaslu Kab Karanganyar, peran media penting dan efektif. Pengawasan tahapan pemilu. Masyarakat tau siapa yg harus dipilih. Paska rekap nasional, untuk Karanganyar ada 4 phpu. Yang khusus dipermasalahlan dari DPRD Kab Karanganyar dari partai berkarya.

Demokrat dari DPR Prov Teti Indarti dari Berkarya DPR RI di dapil Jateng semua ada. Presiden dan wapres. Nasdem di dapil Jateng 4 Karanganyar tidak disebutkan hanya Wonogiri dan Sragen yang memberikan keterangan dalam sidang MK. Gugatan permohanan berkarya tingkat kab dapil 1.

Kewajiban pengawasan di tingkat Kabupaten kami wajib memberikan keterangan pada sidang di MK. Legislatif 1 juli. Presiden sampai 1 juni. Gugatan pres tgl 12 masukkan jawaban atau keterangan untuk oertimbangan di hakim MK. Bawaslum tgl 14 juni sudah sidang pendahuluan. Presiden dan wapres bawaslu RI. Petitum data dari bawaslu daerah, kami persiapan gugatan berkarya di dapil 1 Kab Karanganyar.

Apa yang akan dilaksanakan bawaslu tidak ada pemilu. Hanya Karanganyar tidak pilkada. Kami sosialisasi pada masyarakat. Meningkatkan keinginan masyarakat supaya tertarik dengan pemilu. Desa bawaslu bisa kami optimalkan di 17 Kecamatan. Di setiap kecamatan. Kami sosialisasi supaya pemilu ke depan masyarakat lebih siap.

Berkarya yang dimasalahkan perolehan suara di TPS dapil 1, Mojogedang 13 daes. Karanganyar 12 desa hanya Matesih 8 desa dari 9 desa. Kec Karanganyar desa Ngadiluwih. Dari versi pemohonan di TPS 1 desa pereng misal nendapatkan 51 versi termohon c1 kpu 50. Ada delisih penghitungan pemohon. Itu menjadi bahan kami lakukan buat jawaban terkait apa yang dimohonkan.

Basisnya dari c1 dari TPS rekap jadi dasar keteragan. Registrasi 1 juli. Jawabannya setelah registrasi. Keteragan menjadi hak bawaslu pusat. Kami hanya membantu. Kecuali dikuasakan. Fokus di selisih perolehan hasil suara di dapil 1. Saat rekap di kecamatan atau TPS saksi berkarya hadir. Juga tdk memberikan keberatan. Apa yg dilakukan yang bersangkutan menandatangani berita acara. C1 yg diperoleh bawaslu dan saksi beda jumlah kami rekom secepatnya membuka plano memyesuaikan. Hitung kembali surat suara. Atas nama partai. Perolehan DPRD Kabupaten Karanganyar dapil 1.

Masa perbaikan. Kami mengerti mereka memaksakan yang penting masuk dulu. Beberapa partai seperti Nasdem, Demokrat, Berkarya. RI sebut dapil Jateng 1 sampai rampung. Agar fokus DPRD Kabupaten bukan menyoalkan perolehan kursi. Yang sudah masuk permohonannya apa. Kami lihat klaim perolehan suara dari pemohonan terhadap termohon. Akan diperbaiki di masa perbaikan. Setiap pengawasan kegiatan ada kaitan pengawasan. Belum masuk ke pembuktian. Di Kecamatan Mojogedang ada koreksi di desa di TPS sekian. Kami sudah punya rekamannya. Fungsi kami berikan keterangan. Phpu yang berperkara yang di pusat.(Ard/Tgr)