Bupati Cuplikan Surat As Syura Ayat 30 ketika Mangayubagyo CJH di IPHI

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan sambutan dalam mangubagyo pemberangkatan calon jemaah haji di gedung IPHI

 

 

KARANGANYAR – 30 Juni 2019

Empat kali sudah Bupati Karanganyar, Juliyatmono bertemu dengan calon jemaah haji tahun 2019 di dalam berbagai kegiatan mangayubagyo pemberangakatan haji. Pertemuan keempat ini diselenggarakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karanganyar. Dalam pesannya yang keempat itu, bupati mengambil surat As Syura ayat ke 30 sebagai pesan untuk para jemaah haji yang akan menunaikan rukun ke lima tersebut.

“Disebutkan dalam surat As Syura ke 30 disebutkan apa saja yang menimpa kamu maka adalah disebabkan perbuatan kamu sendiri. Biasa khan disana hal hal yang kecil mengeluh, maka keluhaan itu bakal menyebabkan sesuatu terjadi. Oleh karena itu saya berpesan agar menjalankan ibadah haji sabar dan tidak mudah mengeluh,” papar Juliyatmono saat memberikan sambutan dalam pamitan haji oleh IPHI, Minggu (30/6).

Dia menambahkan saat beribadah haji diharapkan terus berpikir positif. Sehingga diharapkan CJH harus senang dan menyenangkan. Misalnya, disana kehilangan sandal jangan lantas marah-marah atau mengeluh namun harus tetap sabar. “Ngglenggono dan sabar,” imbuhnya.

Bupati mencatat sudah empat kali ia mendatangi mangayubagyo pemberangkatan CHJ Kabupaten Karanganyar. dalam kesempatan pertama di pendopo, para jamaah dingatkan tentang taqwa. Sebab bekal haji itu adalah taqwa. Kemudian, pertemuan kedua di gedung wanita Karanganyar, bupati juga berpesan agar semua dibuat baik. Semua rukun atau haji dikerjakan dengan baik. Selanjutnya, pada pertemuan keempat, bupati mengatakan menunaikan haji ini adalah hakekatnya pemenuhan hak Allah atas ketauhidan. Artinya semua harus mengesakan Allah dan membangun hubungan silaturahmi dengan baik. Pertemuan keempat, di IPHI JCH diingatkan untuk sabar dan tidak berputus asa. (hr/adt)