Bupati Minta Peran Sekdes Harus Maksimal

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan pembinaan agar peran sekdes lebih maksimal

 

KARANGANYAR -25 Juni 2019

Jalan roda pemerintahaan di desa kuncinya ada di Sekretaris Desa (sekdes). Oleh karena itu, sekdes diminta cerdas, trampil, mumpuni dan tanggap terhadap situasi dan yang terjadi di desa. Termasuk dalam membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) diminta tepat waktu dan mengammbarkan visi dan misi kades.

“Peran sekdes di roda pemerintahaan desa sangat penting. Ibarat sepakbola, sekdes adalah playmaker dan harus tahu semua persoalaan sehingga desa tersebut bisa maju dan unggul,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan paparan dalam dalam rangka pembinaan teknis desa di Hotel Taman Sari, Selasa (25/06).

Pada kesempatan itu, beberapa sekdes ditanya oleh Bupati Karanganyar mengenai visi dan misi kepala desa masing-masing pada saat maju calon kepala desa. Ada yang hafal dan ada yang tidak tahu. Pihaknya meminta sekdes harus tahu visi dan misi Kades masing-masing desa. Sebab hal itu akan dituangkan dalam RPJMDes. “Jika anda tidak tahu, nanti RPJMDes tidak pas. Seharusnya anda harus tahu, ketika membuat RPJMdes bisa tepat. Apalagi, kalau pak Kades menginginkan melenceng dari visi dan misi, anda boleh mengingatkan,” imbuhnya.

Sekdes ibarat pemain bola adalah seorang playmeker atau pemain vooly adalah toser atau pemberi umpan. Sehingga baik dan majunya desa, tidak lepas dari peran kades.  Termasuk dalam penyusunan APBDes, sekdes harus berperan. Sehingga dilakukan secara akuntabel dan diharapkan administrasinya dengan menggunakan aplikasi tehnologi informasi. Bupati menilai, sebagian besar sekdes masih muda dan trampil. “Saya ingin RPJMdes harus disusun per tahun dengan kegiatan-kegiatan di desa. Saya juga meminta desa untuk mengatasi sampah dan menurunkan angka kemiskinan,” ungkap orang nomor satu di Karanganyar tersebut. (hr/adt)