Bupati Karanganyar Serahkan Dana Insentif ke 7.581 Ketua RW & RT, Masing-masing Dapat Rp 2,5 Juta

Kominfo
Bupati Karanganyar H. Juliyatmono didampingi Asisten 1 Pemerintahan saat secara simbolis menyerahkan Insentif bagi Ketua Rw dan Rt se Kecamatan Karanganyar melalui Rekening Bank Jateng di Aula Kelurahan Bejen, Jum’at(31/05/19).

Karanganyar – 31 Mei 2019

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memberikan dana insentif kepada 7.581 Ketua RT dan RW di Kabupaten Karanganyar, masing-masing mendapatkan dapat Rp 2,5 juta.

Adapun dana insentif tersebut dianggarkan dari APDB dan pencairannya melalui mekanisme Alokasi Dana Desa (ADD). Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Pemkab Karanganyar, Timotius Suryadi mengatakan, di Kecamatan Karanganyar tercatat sebanyak 726 Ketua RT dan RW yang mendapatkan dana insentif masing-masing sebesar Rp 2,5 juta.

“Itu nanti sebesar Rp 2 juta untuk insentif dan Rp 500 ribu untuk operasional. Dibagikan setiap tahun. Sumber dana dari ABPD. Tahun kemarin mereka mendapatkan Rp 1,5 juta untuk insentif dan Rp 500 ribu untuk operasional,” katanya Jum’at (31/5/2019).

Timo sapaan akrabnya menjelaskan, dana insentif itu diberikan kepada Ketua RT dan RW sebagai bentuk penghargaan dan motivasi dari pemerintah. Adapun pertimbangan terkait kenaikan dana insentif dari tahun lalu dibandingkan tahun ini, disesuaikan dengan kondisi obyektif dan kebutuhan.

Selanjutnya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap para Ketua RT dan RW supaya menjalankan tugasnya dengan baik.

“Nyambut gawe sing apik (kerja yang baik). Insentif masuk rekening. Nyuwun tulung saya dibantu (Tolong pemerintah dibantu). Di Karanganyar kota, 12 kelurahan harus tuntas masalah sampah. Semua tempat pembuangan sampah (TPS) ditutup. Nyuwun tulung RT dan RW mensosialisasikan (Tolong Ketua RT dan RW mensosialisasikan kepada warganya),” katanya saat memberikan arahan.

Lebih lanjut, pihak pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah menyediakan 3 mobil pickup untuk mengangkut sampah setiap dua hari sekali.

“Sudah disewakan mobil. Ada 12 orang (petugas) enggak libur saat lebaran,” terangnya.

“Itu dilakukan supaya kota sendiri terlihat cantik. Mata enggak nyawang sampah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua RT 02/01 Cangakan Timur Kelurahan Cangakan, Sumadi mengatakan, dana insentif akan diterima sekitar tanggal 10 Juni 2019.

“Dana diterima tanggal 10 Juni 2019 ke atas. Itu nanti masuk rekening RT,” katanya.

Terkait sosialisasi penutupan TPS serta teknis pemungutan sampah di rumah warga, ia menyampaikan, sampah di rumah warga diambil (diangkut) oleh petugas DLH setiap 2 hari sekali. “Per KK dikenai biaya 10 ribu perbulan,” terangnya.

“Di RT 02/01 Cangakan Timur ada 22 KK. Rencananya akan disosialisasikan saat pertemuan RT pada 10 Juni 2019. Tapi ini (pemungutan sampah) sudah berjalan,” lanjutnya. (Ard/Fdt/Fa)