Wakil Bupati Cek Kesiapan Armada Bus P.O Rosalia Indah Jelang Lebaran

Wakil Bupati Karanganyar menginspeksi salah satu armada milik Rosalia Indah

Karanganyar, 21 Mei 2019

Jelang Hari Raya Lebaran tim Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DishubPKP) Pemkab Karanganyar melakukan pengecekan di sejumlah garasi bus di Karanganyar.
Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan armada bus yang digunakan untuk arus mudik lebaran layak jalan. Pengemudi pun diminta dapat memberikan kenyamanan pada penumpang.

Pantuan pertama dilakukan di garasi bus Rosalia Indah di wilayah Jaten Karanganyar.Tim melakukan pengecekan sejumlah armada yang digunakan dalan arus mudik lebaran. Pengecekan mulai dari kelengkapan tabung apar dan palu, kondisi lampu, ban dan rem kendaraan. Bus yang layak jalan pun ditempeli tim dengan stiker layak jalan.

Wabup Karanganyar Rober Cristanto yang memimpin tim pengecekan mengatakan pengecekan armada merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk melihat kesiapan armada bus. Pihaknya pun berharap pihak perusahaan otobus dapat membekali para pengemudi bis mulai dari aturan lalu lintas hingga pengecekan kesehatan para supir.

“Selain armada, pengemudi juga harus diberi bimbingan dan jangan minum alkohol. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas,”ujarnya.

Untuk lebaran mendatang, Rosalia Indah telah menyiapkan armadanya. Armada tambahan pun disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik lebaran. Para pengemudi bus pun telah mendapat pembekalan untuk kenyamanan penumpang.

Sementara pengecekan armada juga dilakukan di garasi Langsung Jaya di desa Dagen Kecamatan Jaten. Pengecekan mulai dari kelengkapan hingga kondisi bus.

Kepala Disnas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DishubPKP), Sundoro mengatakan untuk arus mudik mendatang, disamping melakukan pengecekan armada pihaknya juga telah menyiapkan patroli mobile untuk kelancaran arus mudik dan lebaran. Pihaknya pun menggandeng berbagai isntansi dan organisasi untuk patroli mobile.

“Antisipasi kemacetan terutama di kawasan wisata kita menggandeng organisasi relawan. Karena arus lalu lintas biasanya mulai padat pada h plus 2 lebaran,”katanya.

Ditambahnya untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya juga telah menyiapkan jalur alternatif di sejumlah titik. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan terutama di kawasan wisata.

“Jalur Karangpandan bisa kita pecah untuk kendaraan yang menuju Mojogedang, Kerjo dan Jenawi. Ini sebagai salah satu pilihan untuk mengurangi kemacetan,”pungkasnya.
Demikian Diskominfo (tgr/ind)