Kuliah Ramadhan 1440 H di Gedung IPHI Kabupaten Karanganyar

Diskominfo
Sambutan Wabup Karanganyar pada Kuliah Ramadhan di Gedung IPHI

KARANGANYAR – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Karanganyar menggelar kuliah ramadhan 1440 H bagi para remaja, Senin (11/5).

Acara bertajuk kuliah ramadhan ini rutin diadakan setiap tahunnya. Bertempat di Alua IPHI Karanganyar, kegiatan rutin di bulan ramadhan ini diikuti para pelajar dari SMA/SMK/MA dari beberapa sekolahan yang ditunjuk untuk mengirimkan pelajarnya.

Ketua IPHI Karanganyar, Abdul Muid mengatakan, kuliah ramadhan ini dilaksanakan selama 3 hari dari pagi pukul 09.00 hingga bakda ashar. “Untuk materi pembekalan berisi materi di luar pendidikan sekolah. Seperti kesehatan, pergaulan, mental dan enterpreuner,” katanya.

Harapannya dengan begitu, para anak muda mendapatkan bekal supaya tidak canggung tampil di masyarakat atau terjun di masyarakat.

Ia yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Karanganyar berharap, guna mengisi kegiatan di bulan ramadhan ini, sudah waktunya generasi muda diberikan tanggung jawab dan peran mengisi kegiatan di lingkup masjid. “Seperti halnya mengisi kultum, mengurusi buka puasa bersama dan lain-lain,” jelasnya.

Menurutnya, selain sebagai bentuk regenerasi, apabila anak-anak masih memiliki kemauan untuk pergi ke masjid dan mengikuti kegiatannya, itu bisa menjadi tameng atau perisai. “Sekolah, masyarakat dan orang tua mempunyai peran, kalau tiga komponen itu nyambung bisa menjadikan generasi yang baik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk menuntut ilmu itu ada beberapa persyaratannya, seperti senang, loba (keinginan lebih dan menggali ilmu pengetahuan), bersabar, ada biayanya, ada gurunya, dan waktunya lama (dibutuhkan proses).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mewakili Bupati Karanganyar membuka acara yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya itu.

Wakil Bupati Karanganyar mengatakan, guna mengisi kegiatan di bulan ramadhan ini, silahkan dimanfaatkan dengan baik acara kuliah ramadhan ini. “Manfaatkan bulan ramadhan yang penuh berkah ini untuk mencari Ilmu yang bermanfaat,” katanya.

“Ambil hikmah dari kuliah ramadhan sebagai bekal dikemudian hari. Ikuti kuliah ini dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya. (ina/an)