LOMBA MELUKIS DALAM RANGKA HARDIKNAS KABUPATEN KARANGANYAR

Diskominfo
peserta lomba melukis telah memadati Gor RM Said Karanganyar

Karanganyar – Sekitar 950 peserta didik usia 4-6 tahun berlomba menggambar bebas dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di GOR RM Said Karanganyar, Selasa (30/4).

Lomba ini sekaligus menakar bakat seni ratusan pelajar.
“Tiap TK mengirim dua anak. Harapannya ada 1.000 lebih peserta. Namun di registrasi 950 anak dari 555 sekolah TK di Karanganyar,” kata Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Karanganyar, Siti Amanah.

Panitia sengaja membebaskan kreativitas anak dengan hanya membagikan kertas kosong. Peserta dipersilakan menorehkan bentuk dua dimensi di bidang gambar. Peralatan pribadi seperti pensil dan krayon atau spidol, akan membantunya mempercantik gambaran.
“Durasi 1,5 jam. Yang penting berani dan mandiri. Sedangkan untuk penilaian, ide gagasan, keindahan keserasian, komposisi warna dan sebagainya,” katanya.

Sebanyak enam peserta didik TK meraih juara. Mereka adalah peraih juara 1-3 berturut-turut, Bilqis dari TK ABA Nangsri kebakramat, Shofiatu Ulya dari TK MTS Ngadirejo Mojogedang, Raihan Alvino Muhlisin dari TK ABC Jumantono. Kemudian juara harapan 1 Danis Ahza dari TK Al Fatah Kray, harapan 2 Zelena dari TK 01 Karanglo Tawangmangu, serta harapan 3 Kinara dari TK Kemala Bayangkari Karanganyar.

“Itu hasil obyektif. Penilainya diluar guru sekolahnya peserta. Enggak ada pemenang langganan juga. Panitia berkeliling untuk memastikan penilaiannya adil,” kata Ketua (IGTKI) Karanganyar, Siti Amanah.
Juara I lomba berhak menerima Rp 350 ribu, juara II Rp 250 ribu, juara III Rp 200 ribu. Mereka juga mendapat tropi dan bingkisan, termasuk juara harapan. (Ina/An)