Gelar Operasi Mantap Brata 2019 Kapolres Kabupaten Karanganyar Ajak Semua Elemen Berkomitmen

Diskominfo
Penyematan Pita oleh Kapolres Karanganyar

Karanganyar, 22 Maret 2019

Sekitar 1.000 lebih personel siap mendukung Pilpres dan Pileg berlangsung damai di Karanganyar. Melalui para pimpinan organisasinya, mereka menguatkan kembali komitmen dalam ikrar dan apel operasi mantap brata 2019 di depan Mapolres Karanganyar, Jumat (22/3).

“Seluruh elemen masyarakat dari parpol, massa pendukung capres cawapres, aparat keamanan dan unsur-unsurnya, mengikrarkan siap mendukung pemilu damai. Forkopimda Karanganyar ikut mengawal dan mengamankan gelaran lima tahunan ini,” kata Kapolres Karanganyar, AKBP Gatot Catur Efendi.

Dalam gelar tersebut, kendaraan patroli dan taktis TNI serta Polri diparkir di penggal Jalan Lawu depan Mapolres. Para pimpinan forkopimda berada di tenda kehormatan untuk mendengarkan Kapolres membacakan sambutan Menko Polhukam mengatakan TNI-Polri selaku institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan Pemilu serentak 2019. Apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan harus dapat mengambil tindakan tegas sesuai prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu pelaksaan Pemilu
Serentak. Peserta terdiri dari berbagai institusi, mulai dari pasukan TNI-Polri, Linmas, Senkom, Satpol PP, Dishub, dan Satuan Pengamanan.

“Kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak dan massif diseluruh wilayah Indonesia baik itu di tingkat provinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota dengan melibatkan prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya,” ungkapnya.

Usai berikrar secara lisan, perwakilan organisasi menandatangani komitmen Pemilu damai. Kapolres meminta ikrar tersebut dilaksanakan dalam perbuatan hingga usai pemilu. Bahkan, itu menjadi landasan bersikap saat kampanye.

“Kita monitor dan memantau. Kita sampaikan, sosialisasi ke caleg. Caleg kemudian sampaikan ke pendukung. Pada saat kampanye, patuhi aturan yang berlaku. Pasti calon pemilih terpikat dengan sikap selama kampanye. Santun dan tertib berlalu lintas,” katanya.

Gelar pasukan diakhiri show of force pimpinan forkopimda Karanganyar. Dengan mengendarai motor gede, mereka mengelilingi jalur lingkar di seputar kota.

Demikian Diskominfo (ina/an)