Puncak Hari Jadi, DPRD Gelar Ketoprak Humor Kirun

Ketua DPRD Karanganyar Sumanto memerankan Damarwulan dalam cerita Damarwulan Miwisuda HUT DPRD Karanganyar ke 68

 

 

 

KARANGANYAR – 09  Maret 2019

 

Puncak hari jadi DPRD Karanganyar, para wakil rakyat itu ‘nanggap’ ketoprak humor Kirun dari Madiun. Lakon hari jadi Ke 68 itu adalah Damarwulan Winisuda yang diperankan oleh Ketua DPRD Karanganyar Sumanto. Penampilan Ketua DPRD dua periode tersebut sangat apik dan berkali-kali membuat penonton tertawa.

“Jenenganmu ki sopo patih,” tanya Damarwulan (Sumanto) kepada Patih Logenter dalam penggalan dialog yang langsung disambut tawa hadirin.

Damarwulan dikisahkan memang berasal dari desa atau anak yang tidak mempunyai pangkat jabatan. Karena pengabdiannya pada negera tinggi, selanjutnya Damarwulan mengabdi atau mencari pekerjaan. Namun berkat kepintaraan ilmu dan pemikirannya, Damarwulan bisa mengalahkan Minakjinggo yang akan mengusai majapahit. Berkat kepintaraan tersebut, Damarwulan diberikan gelar dan menjadi raja di Majapahit. “Cerita ini mempunyai filosofis yang tinggi. Sebab siapa saja, yang ingin meraih cita-cita harus berjuang sekuat tenaga dan bekerja keras. Harus bisa mengatasi rintangan dan tantangan,” ungkap Sumanto.

Dia menambahkan ketoprak humor kirun ini dalam rangka puncak hari jadi DPRD ke 68. Sebelumnya acara budaya dan beberapa event olahraga digelar oleh para wakil rakyat tersebut. Khusus untuk olahraga, Sumanto berharap bisa menjaring atlet-atlet unggul untuk terus dibina. Jika sudah berhasil, mereka tentu akan membawa nama baik Karanganyar. Khusus untuk ketoprak, DPRD memang mengagendakan tersebut. Tujuannya agar kesenian semacam ini terus berkembang dengan baik. “Sebab dalam ketoprak terdapat nilai-nilai Pancasila, Nilai NKRI. Jika semua terus dikembangkan maka Indonesia akan jaya,” ujarnya.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengucapkan selamat dirgahayu DPRD Ke 68. Semoga DPRD Karanganyar tetap produktif, kondusif, aspiratif dan responsif. Apalagi, semua niatan para wakil rakyat untuk duduk kembali di DPRD diijabahi oleh Allah SWT. Termasuk Sumanto yang akan maju menjadi anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah semoga terpilih kembali. “Mari kita jaga persaudaraan dan persatuan jelang pileg dan pilpres. Jangan sampai beda pilihan menjadi kita berselisih paham dengan orang lain. Hindari Hoks, saling menghasut dan saling menjelek-jelekkan,” tambah Juliyatmono. (hr/tgr)