Panen Raya Padi Organik Desa Ngadiluwih Kabupaten Karanganyar

Karanganyar – 5 Maret 2019

 

Desa Ngadiluwih baru saja memgadakan panen raya, Selasa (5/3). Padi yang dipanen merupakan padi organik. Camat Kecamatan Matesih, Mulyono., S.H., M.M., mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa Ngadiluwih bersama kelompok Tani Cempaka bekerjasama dengan PT. Rumah Organik Indonesia juga Tani Muda Indonesia melaksanakan kegiatan padi organik. Luas tanah yang ditanami padi organik ada sekitar 25 hektar. Kegiatan ini selain untuk launching panen raya padi organik, namun juga peresmian jembatan yang berada di Dusun Dungjangan, Desa Ngadiluwih. Mulyono selaku camat di Kecamatan Matesih juga meminta bupati untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada masyarakat Desa Ngadiluwih, khususnya yang berprofesi petani agar bersemangat untuk bertani.

Rusdiyanto Purwadi., S.E selaku Kepala Desa Ngadiluwih juga menuturkan bahwa warga Desa Ngadiluwih dan Tani Muda Indonesia sepakat untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas pertanian di Ngadiluwih dengan sebaik – baiknya. Saat ini ada sekitar 59 anggota yang sudah bergabung di kelompok Tani Muda Indonesia. Desa ngadiluwih juga sudah ditetapkan sebagai Desa Wilayah Organik oleh Kementrian Pedesaan. Dengan ditetapkannya Desa Ngadiluwih sebagai Desa Wilayah Organik, maka diharapkan pertanian di seluruh Desa Ngadiluwih semakin maju. Dengan penerapan sistem organik ini, padi yang ditanam pun juga tidak mudah roboh dan lebih tahan hama wereng.

Ada beberapa kendala yang ditemui oleh Pemerintah Desa Ngadiluwih untuk memulai menanam padi organic, yaitu tentang pandangan masyarakat bahwa system organik akan menurunkan pendapatan petani. Namun, Pemerintah Desa Ngadiluwih dan para petani anggota Tani Muda Indonesia optimis akan mendapatkan hasil yang baik dan maksimal.

“Kami telah melakukan pengubinan untuk melihat berapa tonase pendapatan yang akan di dapat oleh petani. Gambaran yang diperoleh sekitar 9,8 ton per hektarnya”, ujar Rusdiyanto.

Dalam sambutannya, Bupati Juliyatmono berjanji akan mencari cara untuk menjual padi organic dari Desa Ngadiluwih. Beliau akan menghimbau agar masyarakat Karanganyar untuk membeli produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat dan berusaha agar petani – petani di Kabupaten Karanganyar semakin sejahtera.

Diskominfo (in/an/sr)