Sarasehan Bulan Februari Baznas Karanganyar

Karanganyar – 27 Februari 2019

 

Baznas Karanganyar baru saja mengadakan Sarahsehan Baznas pada hari ini, Selasa (27/2) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh Baznas Karanganyar untuk mengevaluasi kegiatan amil zakat di Baznas Karanganyar. Dalam hal ini, Bupati Karanganyar diwakilkan oleh Pejabat Sekretariat Daerah, Drs. Sutarno., M.Si. Dalam laporannya, Drs. H. Sugiyarso H.S., S.Pd., S.H., M.Ag., M.Kn, capaian pengumpulan zakat pada bulan Februari di Baznas Karanganyar mengalami penurunan. Baznas Karanganyar hanya mampu mengumpulkan sekitar 800 juta saja. Hal ini dikarenakan surat edaran dari Gubernur Jawa Tengah yang mengintruksikan bahwa Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di SMA dan SMK se-Kabupaten Karanganyar mulai bulan Februari untuk tidak menyetorkan zakatnya ke Baznas Karanganyar, melainkan langsung ke Baznas Provinsi Jawa Tengah.

Bahkan, untuk SMA, SMK, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Jawa tidak hanya gajinya saja yang dipotong 2,5%, namun juga seluruh penghasilan termasuk tunjangan kerja. Baznas Karanganyar meminta kepada Bupati untuk mengikuti jejak Provinsi, yaitu dengan memotong 2,5% dari seluruh gaji dari ASN dan menyalurkannya sebagai zakat di Baznas Karanganyar. Baznas Karanganyar juga optimis capaian zakat pada tahun ini tidak akan mengalami penurunan dan akan melebihi dari tahun lalu. Zakat tersebut akan disalurkan untuk program – program Baznas, seperti Karanganyar Peduli, Karanganyar Sehat, Karanganyar Cerdas, Karanganyar Makmur, dan Karanganyar Taqwa. Program – program Baznas Karanganyar ini sangat membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan memakmurkan masyarakat di Kabupaten Karanganyar.

Dalam sambutannya, Drs. Sutarno., M.Si, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Karanganyar telah bekerjasama dengan Baznas Karanganyar untuk memberikan pemahaman kepada ASN bahwa Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) akan diikutkan zakat. Beliau juga berharap mudah – mudahan Karanganyar dapat segera merealisasikan mengikuti jejak Provinsi untuk mengambil zakat dari seluruh gaji ASN dan PNS.

 

Diskominfo (ind/dn/sr)