Kunjungan Kerja Pansus I dan III DPRD Bojonegoro

Karanganyar – 12 Februari 2019

 

Panitia Khusus (Pansus) I dan III baru saja mengunjungi Kantor Bupati Karanganyar dalam rangka Kunjungan Kerja bersama Pemerintah Kabupaten Karanganyar (8/2). Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan di ruang Podang I Kantor Bupati Karanganyar. Rombongan tersebut diboyong oleh Anam Warsito selaku Ketua rombongan dan Ketua Pansus I. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah Pansus I dan III DPRD Bojonegoro ingin mempelajari Perda tentang Pelestarian Budaya Jawa.

Dalam pelaksanaan kunjungan kerja tersebut Bupati Karanganyar diwakilkan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Drs. Istar Yunianto, M. M karena Bupati berhalangan hadir. Rombongan tersebut disambut dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Dalam sambutannya, Istar Yunianto banyak memperkenalkan wisata – wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar.

“Sebenarnya wisata di Karanganyar cukup lengkap. Ada wisata alam, religi, budaya, desa wisata dan sebagainya”, ujar Istar kepada rombongan Pansus I dan III DPRD Bojonegoro.

Anam Warsito mengungkapkan bahwa mereka ingin sekali belajar mengenai Perda Perlindungan Kesenian Budaya Jawa yang telah dimiliki Karanganyar. Memang tujuan dari kunjungan kerja kali ini lebih terfokus pada bidang pariwisata dan kesenian.

”Kami dari Pansus I kebetulan bertugas untuk melaksanakan proses pembuatan perda tentang perlindungan kesenian. Kami ingin belajar dari Kabupaten Karanganyar. Dan ternyata Kabupaten Karanganyar sudah memiliki perda nomor 17, yaitu tentang Pelindungan Kesenian Budaya Jawa”, ujar Anam Warsito.

Menurutnya, budaya Jawa sekarang sudah mulai luntur di jiwa generasi sekarang. Maka dari itu, mereka ingin membuat perda untuk menghimbau masyarakat agar ikut melindungi dan melestarikan kesenian dan budaya daerah. Lagi pula, Kabupaten Bojonegoro sedang mempersiapkan membuat wisata. Hanya saja, wisata ini akan lebih ditonjolkan pada bidang kesenian karena Kabupaten Bojonegoro tidak memiliki destinasi wisata yang menonjol seperti di Kabupaten Karanganyar.

 

Diskominfo (ind/dn/sr)