Sambung Rasa Radio Swiba, Pemkab Karanganyar Sosialisasikan Persiapan Pilkades Serentak

Kominfo
Plt Sekda Karanganyar Drs. Sutarno, PLt Diskominfo Bachtiar Syarif, Kabag Pemdes Timotius saat menjadi nara sumber dalam acara Sambung Rasa dengan tema Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2019 Di Kabupaten Karanganyar yang digelar di pelataran Radio Swiba, Kamis(07/02).

Karanganyar – 07 Februari 2019

Melalui acara bertajuk Sambung Rasa, Pemkab Karanganyar sosialisasikan persiapan Pilkades serentak 2019 Karanganyar lewat siaran Radio Swiba Karanganyar. Acara yang digagas Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Karanganyar itu dilaksanakan di pelataran Radio Swiba, serta disiarkan secara langsung pada Kamis (7/2/2019) malam.

Adapun narasumber yang dihadirkan dari pihak Pemkab Karanganyar diwakili Pj Sekda, Sutarno,  Kabag Ops Polres Karanganyar, Kompol I Wayan Sudhita, Plt Kepala Diskominfo, Bachtiar Syarif serta Kabag Pemerintahan Desa, Timotius Suryadi.

Turut hadir pula Camat dari 17 Kecamatan yang ada di Karanganyar dan Panitia Pilkades 2019.

Plt Kepala Diskominfo Karanganyar, Bachtiar Syarif mengungkapkan, acara ini selain sebagai sarana penyebarluasan informasi pembangunan daerah.l, tentu guna mensosialisasikan tahapan penyelanggaraan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 20 Februari 2019.

Dia berharap melalui acara Sambung Rasa ini, Pilkades mendatang dapat berjalan sejuk dan damai. Selain itu, informasi terkait Pilkades dapat menjangkau dan dimengerti masyarakat di seluruh Karanganyar.

Kabag Pemdes, Timotius Suryadi, mengatakan Pilkades serentak mempunyai 4 tahapan utama, yakni persiapan, pencalonan, pemungutan dan perhitungan serta penetapan. “Pada 20 Februari 2019 nanti, 409 Cakades akan bersaing di 145 desa. Sementara itu H-2 akan ada kampanye terbatas dilanjutkan H-1 hari tenang,” terangnya.

Dalam sesi tanya jawab, Timotius menjelaskan terkait masa kampaye Pilkades. Kampanye sengaja dilakukan dalam waktu 1 hari. Itu dilakukan untuk menghindari adanya konflik. Mengingat di tingkat desa keterikatan emosional begitu erat, berbeda dengan Pileg maupun Pilpres yang jangkauanya lebih luas.

“Apabila masa kampanye dilakukan berlarut-larut, ditakutkan akan menimbulkan konflik berkepanjangan,” terang Timotius.

Sementara itu, Polres Karanganyar yang diwakili Kabag Ops, Kompol I Wayan Sudhita mengatakan, menjelang Pilkades serentak gelombang II, sejak awal pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP dan Kodim terkait pengamanan.

“Dipuncaknya nanti 800 personel akan dilibatkan. Pengamanan menggunakan pola merata, 1 TPS akan dijaga 4 personel. Baru dipertebal di tempat yang dikira rawan,” paparnya. Namun tidak semua personel diturunkan, ada yang di tempatkan di tiap Polsek.

Selanjutnya Pemkab Karanganyar menghimbau melalui Pj Sekda, Sutarno, supaya pakta integritas dan deklarasi Pilkades damai yang ditandatangani bersama bisa menjadi pengingat.

Kepada Panitia Penyelenggara, Ia meingatkan untuk selalu mengecek kelengakapan di tiap TPS. Lakukan tugas dengan baik, penuh tanggung jawab dan jujur.

Dengan ditetapkannya Libur Daerah pada 20 Februari 2019, harapannya masyarakat dapat berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dengan baik. Supaya mendapat pemimpin yang amanah serta dapat memajukan desa masing-masing.(Kris/Ard).