Peringatan Hari Gunung Internasional, Karanganyar Sebagai Tuan Rumah

Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Gunung Internasional

Karanganyar, 8 Februari 2019

Peringatan Hari Gunung Internasional berlangsung khitmad di Pos Pendakian Cemara Kandhang, Tawangmangu. Peringatan ini merupakan peringatan tahun kedua. Sebelumnya, pencanangan dilakukan di tempat yang sama pada tahun 2018.

Perwakilan Presiden Perdamaian Dunia mengatakan bahwa pemilihan tanggal dan bulan memiliki arti filosofis tersendiri. Tanggal 2, atau  angka 2 melambangkan bahwa segala yang tercipta di bumi ini ada dua. Contohnya adalah siang dan malam, baik dan buruk. Atau dalam artian lain, semua yang ada di dunia memiliki keseimbangan. Sedangkan angka delapan merupakan angka yang beruntung karena tidak ada putusnya.

Menambah kesan mistis dan khitmad adalah seluruh tamu undangan menggunakan pakaian adat. Terlihat pula perwakilan dari beberapa kerajaan di nusantara mengahdiri kegeiatan ini.

Dinginnya Gunung Lawu tidak menyurutkan semangat pengisi acara dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar. Sajian tarian yang bertajuk “Wanara Kridha” berhasil disajikan secara memukau dihadapan para tamu undangan. Tarian ini menggambarkan kehidupan kera di Gunung Lawu. Dimana mereka akan marah jika kehidupannya diganggu.

Tarian Wanara Kridha

Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto menuturkan bahwa pemkab Karanganyar mendukung penuh kegiatan yang dilakukan secara tahunan ini. Hal ini merupakan salah satu ungkapan syukur karena berkah yang diberikan Tuhan kepada Bumi Intanpari.

Demikian Diskominfo. (adt/tgr)