Seminar dan Kegiatan Sosial MGMP IPS SMP Se-Kabupaten Karanganyar

Seminar Penggunaan Android untuk Menangkal Hoax

Karanganyar – 4 Februari 2019

Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP se-Kabupaten Karanganyar baru saja menggelar acara seminar dan kegiatan sosial, Senin (31/1). Kegiatan tersebut diberi nama Seminar Penggunaan Android Untuk Menangkal Hoax dan Donor Darah. Seperti judul kegiatannya, acara ini terlebih dahulu melaksanakan kegiatan donor darah sebelum seminar berlangsung. Acara tersebut adalah penutupan rangkaian acara dari MGMP IPS SMP.

Pertama, acara dibuka oleh Ketua Penyelenggara, Slamet Kusmanto. Dalam sambutannya, beliau berharap dengan diselenggarakannya acara tersebut guru – guru IPS SMP se-Kabupaten Karanganyar dapat mengantisipasi berita hoax. Kegiatan ini berada dalam agenda MGMP IPS SMP Kabupaten Karanganyar. Kegiatan dimulai pada tanggal 24 September 2018 dan ditutup pada tanggal 31 Januari 2019. Total ada 10 kali pertemuan kegiatan MGMP untuk membahas masalah – masalah instrumen pendidikan di Kabupaten Karanganyar. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada peserta karena sudah mengikuti rangkaian kegiatan dan berpesan agar para guru mempersiapkan anak didiknya untuk menghadapi UASBN.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengawas Sekolah SMP Kabupaten Karanganyar. Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada MGMP IPS SMP atas terlaksananya acara seminar dan kegiatan sosial tersebut. Menurutnya kegiatan ini merupakan kegiatan yang efektif untuk mengisi pertemuan dan memberikan manfaat. Beliau juga akan terus memberikan dukungan untuk acara – acara yang diselenggarakan oleh MGMP.

Selanjutnya, acara ditutup dengan Seminar Penggunaan Android Untuk Menangkal Hoax. Pembicara seminar kali ini dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar, yaitu Ibu Sopiyatun S. Sos, M. I.Kom. Seminar berlangsung kurang lebih selama satu jam dan diisi dengan banyak sekali pengetahuan untuk menangkal berita – beita hoax yang selalu beredar di kalangan masyarakat. Seminar ini juga diisi dengan tanya jawab, sehingga para peserta dapat menjawab rasa penasarannya yang berkaitan dengan berita hoax atau berita palsu. Ibu Sopiyatun S. Sos, M. I.Kom menghimbau kepada para peserta yang hadir untuk lebih cerdas dalam membaca berita. Beliau juga memberikan tips dan trik untuk melihat kebenaran dari berita yang dibaca.

 

Diskominfo (and/sr/sp)