Penyerahan Sumur Bor di Desa Tugu Jumantono

Bupati Karanganyar, Drs. Juliyatmono, M.M, baru saja meresmikan sumur bor air bersih di Desa Tugu, Kecamatan Jumantono pada hari Jumat (1/2). Penyerahan sekaligus peresmian sumur bor air bersih tersebut turut dihadiri oleh tenaga ahli dari Kementrian ESDM bidang Kerjasama dan Dewan Energi Nasional.

Sujoko Prihantoro selaku Plh. Kepala Desa Tugu menyampaikan terimakasih kepada pemerintah, khususnya Kementrian ESDM atas  keberadaan sumur bor di Desa Tugu. Sumur tersebut rencananya akan dialirkan ke dua dusun di Tugu, yaitu Dusun Bulakrejo dan Dusun Tugu. Sumur bor air bersih ini merupakan sumur yang dinanti oleh warga Desa Tugu. Namun, untuk saat ini sumur tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal karena belum adanya program pipanisasi untuk mengalirkan air dari sumur tersebut. Warga Desa Tugu sangat membutuhkan program pipanisasi agar air bisa segera dimanfaatkan dan digunakan oleh warga. Di Desa Tugu ini sudah muncul kembali 4 titik yang berpotensi menjadi sumur bor. Maka dari itu, warga Desa Tugu berharap agar keempat titik ini bisa segera dibuat sumur.

Dalam sambutannya, Sukita menuturkan bahwa di Kecamatan Jumantono telah dibuat 2 sumur bor di dua desa, yaitu Desa Tugu dan Desa Sringin. Sumur – sumur tersebut dibuat pada tahun 2018 lalu. Beliau juga menuturkan bahwa dalam setahun Kementrian ESDM berhasil membuat sekitar 500 sumur di seluruh penjuru Indonesia. Total biaya pembuatan sumur tersebut mencapai 400 juta rupiah. Sukita juga berharap bahwa apa yang telah diberikan dan dibuat untuk masyarakat merupakan bentuk tugas dari Kementrian ESDM.

Kemudian, Bupati Juliyatmono menyambut baik dengan keberadaan sumur bor tersebut dan dapat membantu masyarakat. Beliau pun juga berterimakasih kepada Kementrian ESDM, yang kali ini diwakilkan oleh Bapak Sukita selaku tenaga ahli di Kementrian ESDM karena telah membantu Desa Tugu membuat sumur bor air bersih. Beliau meminta kepada warga Desa Tugu untuk menjaga dan merawat sumur tersebut dengan baik.

“Mari ditata dan dijaga yang bagus. Mudah – mudahan menjadi sumur yang berkah, mendatangkan rezeki, menyehatkan, mempersatukan, dan merukunkan di Desa Tugu, Jumantono”, harapan beliau untuk sumur bor tersebut dan warga Desa Tugu.

 

Diskominfo (in/an/sr)