BUPATI KARANGANYAR MENGHADIRI VIDEO CONFERENCE PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN

Jumat, 11 Januari 2019

Pada hari Jumat (11/01) kemarin, Bupati Juliyatmono menghadiri video conference bersama dengan Kapolres dan Ketua Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar di Polres Karanganyar. Video conference ini adalah mengenai penandatanganan nota kesepamahaman antara Kapolri dengan Kementrian Sosial tentang Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum Pada Pelaksanaan Penyelenggaraan Bantuan Sosial. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian di Ruang Pusdalsis Mabes Polri di Jakarta. Dalam penandatanganan nota kesepahaman ini menghasilkan kerjasama antara Polri dan Kemesos mengenai penyaluran bantuan sosial. Kemudian kedua belah pihak juga bekerjasama dengan melakukan pertukaran data atau informasi, bantuan pengamanan pemberian batuan sosial, dan penegakan hukum.

“Secara keseluruhan bantuan sosial dianggarkan melalui Kementrian Sosial pada tahun 2019 sebesar Rp. 54.300.133.000 atau bertambah 38,8% dari jumlah anggaran bantuan sosial tahun 2018 yang sebesar 39.109.000.000”, ujar Agus Gumiwang Kartasasmita saat memberikan sambutan.

Bantuan sosial yang akan diberikan berupa bantuan sosial korban bencana alam dan bantuan sosial korban bencana sosial. Kementrian Sosial juga sudah menyiapkan program – program bantuan sosial, antara lain bantuan pangan non – tunai, bantuan beras sejahtera (rastra), bantuan sosial kelompok besar – besaran, dan bantuan sosial rumah tidak layak huni, serta program – program bantuan sosial rahabilitasi.

Jendral Tito Karnavian juga mengungkapkan bahwa yang menjadi atensi atau perhatian pemerintah pada tahun 2019 adalah rakyat yang kurang mampu, seperti korban bencana alam dan korban bencana sosial. Korban bencana sosial yang dimaksud adalah korban bom dan teror.

 

Diskominfo (in/dn/sr)