Menhub: Sinergi Sejumlah Pihak Demi Keselamatan Berlalu Lintas

kominfo
Mentri Perhubungan (Menhub) saat melakukan pengecekan sejumlah Bus pariwisata di Taman Balaikambang Tawangmangu Karanganyar, Kamis(27/12)

Karanganyar – 27 Desember 2018

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengapresiasi sinergisitas sejumlah pihak menjaga keselamatan berlalu lintas selama libur natal dan tahun baru.

Pernyataan itu disampaikan Budi saat melakukan kunjungan kerja ke Taman Balekambang Tawangmangu pada Kamis (27/12). Budi didampingi Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Refdi Andri, mengecek kelaikan bus pariwisata dan kesehatan sopir. Mereka melakukan ramp check salah satu bus pariwisata di area parkir Taman Balekambang.

Pengecekam dimulai dari memastikan kondisi ban, wiper, klakson, sabuk pengaman, rem dan lain-lain. Sebelumnya mereka memantau pengecekan kesehatan sopir melalui tes urine. Sejumlah sopir dan awak bus mengikuti tes urine yang dilakukan dokter Polres Karanganyar. Sampel urine dites menggunakan test untuk mengetahui kandungan morfin, kokain, ganja, amphetamine, ekstasi, sabu-sabu, dan obat penenang. Hasilnya menunjukkan negatif zat adiktif.

“Saya mengapresiasi yang dilakukan polisi kepada pengemudi. Bisa dipastikan pengemudi sehat, laik. Kami juga mengapresiasi kerja Dishub dan Pak Bupati karena menopang kegiatan ramp check bus. Penting bus laik jalan, pengemudi laik. Selain itu, mereka mengerti peraturan,” kata Budi saat berbincang dengan tim liputan seusai mengecek kelaikan bus.

Ia berharap proses ramp check dan test urine intensif selama musim liburan. Dia berharap jajaran kepolisian dan pemerintah daerah memastikan hal itu terlaksana terutama di area wisata. Hal senada disampaikan Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Refdi Andri. Ia mengatakan hasil pengecekan di sejumlah lokasi.

“Kerjasama dan sinergi dari kepolisian, perhubungan, dan Pemda. Penting seluruh faktor keselamatan dipenuhi agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Di Karanganyar sarana dan prasarana jalan tersedia, memadai, dan laik jalan. Armada juga terpenuhi. Kehadiran Pak Menteri untuk memastikan itu,” ujar dia. (Ard/Tgr)