Kesiapsiagaan Relawan PMI dalam Menghadapi Bencana Alam Dan Bencana Kemanusiaan

Kominfo
Ketua PMI Kabupaten Karanganyar yang dalam hal ini mewakili Bupati Karanganyar Timotius Suryadi saat memberikan sambutan dalam acara Apel HUT Relawan di halam gedung PMI Karanganyar, Rabu(26/12).

Karanganyar – 26 Desember 2018

Dalam rangka peringatan hari sukarelawan internasional pada 5 Desember 2018 dan hari sukarelawan PMI 26 Desember 2018, PMI Kabupaten Karanganyar gelar apel HUT Relawan di Halaman gedung PMI Karanganyar, Rabu(26/12).

Kerelawanan merupakan sebuah nilai universal yang telah ada sejak permulaan terbentuknya kebudayaan manusia. Suatu nilai kemanusiaan yang sederhana, yaitu gotong royong, menolong orang atau menolong sesama, telah menjadi bagian dari budaya warisan bangsa kita.

Dengan kerelawanan kita dapat menggerakkan partisipasi dan peran aktif seluruh anggota masyarakat untuk tujuan kemanusiaan.

Relawan adalah jantung dari gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Kurang lebih 155 tahun yang lalu Henry Dunant menanamkan visi tentang semangat kerelawanan yang terus hidup hingga kini bahkan semakin kuat di dunia. Tanggal 5 Desember secara resmi menjadi Hari Relawan Internasional.

Timotius Suryadi selaku Ketua PMI Karanganyar dalam pidato sambutannya sampaikan, pada bulan Desember ini ada dua peringatan Hari Relawan. Selain peringatan Hari Relawan Internasional juga  Relawan PMI pun telah mendapat pengakuan dengan dinyatakannya tanggal 26 Desember sebagai Hari Relawan PMI oleh Presiden Republik Indonesia pada tahun 2005 silam pasca bencana tsunami di Provinsi Aceh dan berbagai wilayah Sumatra lainya.

Dengan pengkuan ini, PMI semakin terpacu untuk meningkatkan manajemen dan pembinaan relawan melalui berbagaipendekatan. Strategi pembinaan relawan dilaksanakan sesuai dengan pasal 22 undang-undang nomor 1 tahun 2018.

Tujuannya adalah menyiapkan sumber daya manusia relawan PMI yang tangguh baik mental maupun fisik, kompeten dan profesional untuk melaksanakan pelayanan kemanusiaan, membantu masyarakat yang mengalami kesusahan akibat konflik dan bencana, dan mempromosikan perdamaian di seluruh penjuru dunia.

Dengan tema Kesiapsiagaan RELAWAN PMI dalam menghadapi bencana alam dan bencana kemanusiaan, berharap dapat makin menggugah semangat kerelawanan di dalam diri setiap relawan PMI.(Ard/Ina).