PELESTARIAN BUDAYA SEJAK DINI

 

Karanganyar,  13 Desember 2018.

Untuk mengisi kegiatan setelah selesai ujian sekolah, biasanya sekolah-sekolah mengadakan kegiatan pentas seni (pensi). Pensi kali ini di adakan oleh smk Negeri 1 Karanganyar pada hari Kamis tanggal 13 Desember 2018.

Pensi ini juga memperingati hari jadi SMK Negeri 1 Karanganyar yang ke 55th, yang sebenarnya jatuh pada tanggal 7 November kemaren.  Dan dalam menyemarakkan hari ulang tahun yang ke 55th, SMK Negeri 1 Karanganyar sudah melakukan berbagai rangkaian kegiatan acara, yaitu pengajian akbar dan kataman Al-Quran,  berbagai macam lomba,  gerak jalan sehat, lomba bola volly dan basket antar SMP dan MTS dan yang terakhir pensi.

Pentas seni di SMK Negeri 1 Karanganyar di hadiri oleh bapak Samsi selaku sekda kabupaten Karanganyar yang juga alumni dari SMEA yang sekarang menjadi SMK Negeri 1 Karanganyar.

Bapak Samsi mewakili bapak Bupati yang tidak dapat menghadiri acara tersebut. Beliau mengungkapkan kekagumannya karena pentas seni kali ini sangat luar biasa berbeda dengan saat beliau masih bersekolah di situ pada tahun 1973 dan lulus tahun 1976.Beliau mengharapkan karya bakti siswa siswi ini diteruskan supaya nanti bisa menjadi orang-orang yang sukses luar biasa. 

Bapak Samsi juga memberikan 3 (tiga)  kosep supaya siswa siswi ini ingin sukses :

Yang pertama harus punya mimpi (bermimpi) , apa cita-cita kita dan ditulis di buku untuk memotifasi kita bisa meraih cita-cita itu.

“Menulis cita-cita kita yang tinggi jangan yang rendah” imbuh beliau.

Konsep yang kedua yaitu berani berkata. Maksudnya kita harus berkata kepada Allah di setiap doa kita supaya Allah meridhohi apa yang kita impikan atau kita cita-citakan.  Dan juga kita berani berkata kepada orang tua kita supaya orang tua kita bisa selalu mendukung dan mendoakan kita meraih mimpi kita.

“apabila ada yang menganggap kita gila tidak apa-apa,  karena memang meraih cita-cita harus gila-gilaan” kata bapak Samsi yang di sambut gelak tawa para siswa siswi pada saat itu.

Konsep ketiga yang terakhir adalah berani melangkah atau berani berbuat.  Artinya kalau kita sekolah harus yang serius,  yang konsisten tidak boleh ada yang membolos.

Ketiga konsep tersebut harus di terapkan mulai dari sekarang, supaya kita menjadi orang-orang yang sukses di masa depan.

Di akhir sambutannya bapak Samsi tidak lupa menyerahkan dua bantuan yaitu dari bapak Bupati dan dari bapak Samsi sendiri sebagai alumni SMK Negeri 1 Karanganyar untuk kegiatan pensi tersebut.

Beliau berharap sukses untuk Kepala sekolah memimpin SMK Negeri 1 Karanganyar dan untuk bapak ibu guru doamu menyertai siswa – siswi sehingga semua bisa sukses.

Selain Sekda Karanganyar wakil kepala cabang Pendidikan dan Kebudayaan wilayah Jawa Tengah juga menyampaikan arahan dengan diadakannya pentas seni ini akan dapat menggali potensi-potensi dan kreatifitas anak untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia yang kita cintai dan pesannya untuk siswa siswi jika libur sudah tiba jangan lupa untuk belajar, jangan lupa untuk berbuat sesuatu yang baik dan positif.

Demikian Diskominfo (dn/ina)