INTERNET SEHAT, PELAJAR HEBAT

“Bu, bagaimana caranya biar saya tidak kecanduan game?,” seorang pelajar diantar temannya maju bertanya dan bermaksud konsultasi setelah acara Sosialisasi Internet Sehat di SMP IT Insan Kamil Karanganyar. Hari itu, Selasa (11/12) dalam rangka mengisi kegiatan jeda semester satu, SMP IT Insan Kamil mengundang Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar untuk memberikan sosialisasi internet sehat untuk pelajar.

Ibu Iis Nuryati, S.Pd Wakil Kepala Sekolah SMPIT Insan Kamil dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pemateri dari Dinas Komunikasi dan Informatika. Selama ini kebijakan sekolah tidak membolehkan siswa-siswi membawa handphone saat kegiatan belajar mengajar. Namun demikian sekolah tetap berusaha memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dalam mendukung pembelajaran, untuk itu terkadang guru memberikan penugasan pembelajaran melalui email dan sarana lain. Guna membekali siswa-siswi dalam penggunaan gadget terutama smartphone secara cerdas, maka pihak sekolah mengundang Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengadakan kegiatan sosialisasi tersebut.

Bertempat di ruang Laboratorium, Sosialisasi Internet Sehat diikuti oleh sekitar seratusan siswa-siswi kelas sembilan. Eko Supriyadi, S.S.,M.Eng dalam paparannya mengajak siswa-siswi untuk mewaspadai maraknya kejahatan di dunia maya (cybercrime) seperti online predator,Sexting,Pornografi, Cyberbullying,Drugs dan Game addiction. Untuk itu ketika berselancar di dunia maya, para siswa harus membekali diri dengan sikap SMART. SMART merupakan akronim dari Save, jangan sembarangan memberikan identitas diri pada orang asing; Meeting, hati-hati jika bertemu dengan orang yang baru kenal lewat internet; Accept, hati-hati menerima permintaan pertemanan di medis sosial, membuka email, file atau gambar yang berisi virus; Reliable,  menyadari bahwa keaslian identitas diri di dunia maya amat sumir alias tidak jelas; dan yang terakhir Tell,katakan-katakan pada orang tua apabila ada yang janggal yang di lihat di dunia maya,pada orang tua Katakan pula pada anak hal-hal yang boleh dan tidak boleh diinternet.


Internet merupakan media komunikasi bak pisau bermata dua, memiliki dampak positif maupun negatif. Sebagai anak milenial yang kritis, melarang penggunaan gadget tanpa dibarengi pemahaman dan solusi penggunaan yang cerdas niscaya sia-sia. Oleh karena itu Dinas Komunikasi dan Informatika mengajak para generasi milenal untuk memanfaatkan internet secara cerdas, produktif dan sehat. Dalam upaya mengcounter konten-konten negatif maka generasi muda diajak untuk lebih banyak memproduksi, mengunggah atau mencari informasi yang positif bahkan bisa bernilai tambah seperti membikin blog, vlog, menjadi youtubers, influencers dan sebagainya.

Para siswa terlihat antusias menyimak materi karena diselingi dengan menonton film/video terkait kampanye sikap kehati-hatian di dunia maya. Acara berakhir dan ditutup dengan foto bersama dan memperkenalkan istilah-istilah kekinian yang populer di dunia maya dan media sosial (sf).