Festival Seni dan Kuliner SMA Negeri Karangpandan Menanamkan Jiwa Seni dan Kreativitas Siswa

Dua siswi SMAN Karangpandan menari di Laboratorium Seni Budaya dan Film SMAN Karangpandan yang baru saja diresmikan oleh Dirjen Kesenian, Restu Gunawan, Senin (10/12)

Karanganyar, Senin 10 Desember 2018

SMA Negeri Karangpandan menggelar festival seni dan kuliner bertajuk The Art of Freedom di halaman sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa untuk berkreasi dalam mengekspresikan bakat seni dan budaya.

Kegiatan festival dan kuliner berlangsung selama tiga hari ke depan yakni Senin (10/12) hingga Rabu mendatang (12/12). Dalam acara ini berbagai pentas kesenian dan kuliner hasil dari kreasi siswa dalam ajang ini. Dalam kegiatan ini dihadiri Dirjen Kesenian, Restu Gunawan didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Propinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar.

Ketua Panitia Penyelenggara, Mubaroq mengatakan festival seni dan kuliner SMA Negeri Karangpandan merupakan agenda rutin tahunan. Kegiatan ini merupakan wadah para siswa unjuk kebolehan di bidang seni.

“Festival ini bertujuan untuk menanamkan jiwa seni para siswa serta menyalurkan bakat keseniannya. Disamping itu juga untuk masyarakat mengapresiasi seni budaya,”katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN Karangpandan, Sumarno dalam sambutannya mengapresiasi adanya festival seni menjadi agenda rutin sekolah. Terlebih SMA Negeri Karangapandan patut berbangga telah memiliki laboratorium seni budaya dan film.

“Tahun ini SMA Negeri Karangpandan menjadi salah satu dari 12 sekolah penerima bantuan. Semoga laboratorium ini mejadi sarana peningkatan kegiatan belajar di sekolah,”terangnya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Wilayah 6 Jawa Tengah, Suyanto menyambut baik festival seni dan kuliner di SMA Negeri Karangpandan. Menurutnya selain pendidikan karakter sekolah juga diharapkan mampu mengembangkan jiwa enterpreneur siswa.

“Dari bazar kuliner sapat tumbuh jiwa usaha para siswa,”tuturnya.

Abadikan Gambar : Dirjen Kesenian, Restu Gunawan (Tengah, Batik Gelap Lengan Panjang) saat foto bersama dengan Guru dan Karyawan SMAN Karangpandan pada peresmian Laboratorium Seni Budaya dan Film.

Sementara itu Dirjen Kesenian, Restu Gunawan dalam sambutannya sekaligus membuka festival seni dan kuliner, menyambut baik dan mendukung penuh terselenggaranya pensi ini. Ia mengatakan pentas seni merupakan faktor penting dalam kegiatan sekolah, salah satunya yakni untuk menumbuhkan rasa percaya diri para anak didik, semua harus dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

“Pensi jangan yang diikutsertakan hanya siswa yang pintar saja, tetapi semua harus dilibatkan sehingga faktor olah rasa dipensi ini dapat dirasakan semua oleh siswa,”jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan bahwa pembagunan laboratorium keseluruhannya ditambah dengan Laboratorium SMA Negeri Karangpandan ini berjumlah 60 Lab. Pada prinsipnya adalah gotong royong bersama perwakilan Komite Sekolah, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota semua harus bersinergi membangun wawasan dan jejaring semua pihak untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan kesenian bangsa.

“Ada tiga olah penting yang harus tertanam dalam diri anak didik kita yakni olah intelektual harus bagus, olah hati yang berkaitan dengan spiritual kita untuk selalu dekat dengan Allah SWT dan olah rasa yakni seni dalam jiwa kita untuk melestarikan/nguri-nguri budaya,”pesannya.

Demikian Diskominfo (ind/dn)