Guru Diminta Beradaptasi Sesuai Zaman Now

Upacara hari Korpri dan PGRI di alun-alun Karanganyar dengan pembina upacara BUpati Karanganyar, Juliyatmono

 

 

KARANGANYAR – 29 Nopember 2018

 

Para pendidik di Karanganyar diminta untuk pahami kepemimpinan asta brata. Para guru diminta seperti matahari yang selalu menyinari dan menyemangati para peserta didik. Guru juga harus seperti bulan yang menjadi penerang ditengah kegelapan. Setidaknya asta brata kepemipinan dikuasai masing-masing guru, maka akan terbangun generasi yang hebat dan kuat.

“Guru harus aktual dan belajar tentang digital. Sebab anak-anak dengan mudah dan cepat menguasai tehnologi dengan baik. Sudah barang tentu, guru harus terus meningkatkan kemampuan,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai upacara bendera hari Korpri ke 47 dan PGRI ke 72 di alun-alun Kabupaten Karanganyar, Kamis (29/11).

Dalam kesempatan itu, bupati meminta tunjangan profesi yang didapat selama ini sebagian dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan. Yakni terus menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi. Guru juga diminta Harus segara beradaptasi dengan zaman.

Selain itu, orang nomor satu di Karanganyar akan meningkatkan kesejahteraan bagi para guru WB dan THL di seluruh OPD. Peningkatan kesejahteraan itu adalah meningkatkan kesejahteraan yang diterima guru pada 2019 mendatang. “Saya meminta seluruh guru yang dinaungi organisasi profesi PGRI, sistem pendidikan nasional dihadapkan tantangan yang komplek akan tetapi menarik. PGRI sebagai organisasi profesi harus mampu menggerakan guru dan tenaga pendidik  untuk melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah dan pengelolaan program pembanguan,” imbuhnya.

Dalam sambutan presiden yang dibacakan Bupati, guru sebagai penggerak pembangunan harus terus mengakrabi tehnologi. Guru juga harus semakin profesional dengan meningkatkan kualitas dan kapabilitas. Guru juga diminta untuk menjadi contoh terdepan dan teladan budi pekerti.

Kemudian  untuk korpri, terus diharapkan untuk meningkatkan profesional. Empat tahun terakhir Pemerintah terus melakukan pembangunan infrastuktur. Hal itu untuk membuka keterisolan dan membangun konektivits, serta memperkokoh persatuan nasional. Diharapkan dengan infrastuktur yang baik maka akan dapat membangun sentra-sentra ekonomi baru. “2019 perogram besar untuk terus memperkuat kualitas SDM. Selamat hari korpri ke 47 junjung tinggi panca prasetya korpi dan terus berbakti untuk ibu pertiwi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, tiga anak mendapatkan beasiswa. Yakni Kurniawan Dwi Prasetyo dari SMP 2 Muhammadiyah Karanganyar, Nori Widya Pratiwi dari SDN 2 Nglegok, Ngargoyoso, Anisa Ayu Wulandari dari SMP 3 Karanganyar. Dalam kesempatan itu pula Pemda memberikan penghargaan guru berdedikasi tingkat nasional yakni Endang Tri Hastuti dari SMPN 2 Karanganyar. Termasuk dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan dari beberapa lomba yang dilaksanakan PGRI. yakni lomba catur, tenis meja dan geguritan. Sekaligus penyerahaan juara 1 sepak bola se solo raya ASN.  (hr/ana)