Klinik dan Apotik Kimia Hadir di Karanganyar

Usai meresmikan Klinik dan Apotik Kimia Farma, BUpati Karanganyar Juliyatmono dan jajaran Forkominda melakukan pengecekan di dalam ruang pelayanan apotik

 

 

KARANGANYAR – 23 Nopember 2018

 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono meresmikan Klinik dan apotik Kimia Farma di Karanganyar, Jumat (23/11). Pembukaan apotik dan klinik, tepat di samping rumah dinas bupati tersebut menjadi sarana strategis dan penting dibidang obat. Diharapkan apotik dan klinik tersebut buka 24 jam sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Hadirnya Apotik dan klinik Kimia Farma di Karanganyar menjadi strategis karena kesehatan menjadi kebutuhan pokok kita semua. Namun demkian, mencegah penyakit akan lebih baik daripada mengobati,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan.

Dia menambahkan masyarakat harus berpola hidup sehat. Pola hidup sehat itu dimulai dari masing-masing individu. Artinya secara sadar dan penuh tanggungjawab untuk menjaga kesehatan. Bupati juga mengatakan usia harapan hidup di Karanganyar makin meningkat. Peningkatan itu sejalan dengan upaya pemerintah memberikan penekanan untuk hidup sehat. “Tahun 2018 ini, pemkab Karanganyar menjadi juara 3 nasional, Sanitasi total berbasis masarakat. Sampai-sampai, walikota Kendari belajar langsung ke Karanganyar untuk bidang sanitisasi tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, bupati juga mengatakan sumber air bersih juga terus ditingkatkan. Kementerian PU telah memberikan apreasiasi keberhasilan mengatasi jambanisasi dengan membantu pengadaan jambanisasi.  Kehadiran dan apotik klinik menjadi semarak dan semangat untuk mendapatkan jenis-jenis obat-obat yang dibutuhkan. “Saya berharap ada perawatan kecantikan. Soalnya para wanita tidak ingin tua dan terlihat sehat bugar,” tambahnya.

Sementara direktur Keuangan PT Kimia Farma, I Gusti Ngurah Suharta Wijaya mengatakan otlet apotik Kimia Farma sudah ada 23 di Solo Raya. Karanganyar adalah otlet ketiga. Pihaknya yakin potensi ekonomi Karanganyar diatas rata-rata dan sangat bagus. Apalagi Pemkab Karanganyar sangat mendukung dengan memberikan lokasi yang bagus. “PT Kimia Farma selalu mengintegrasikan bisnis. Yakni bukan hanya apotik akan tetapi juga klinik bersama. Ke depan akan kami tambah dengan klinik kecantikan,” tambahnya

I Gusti Ngurai Suharta menambahkan semua tenaga farmasi tetap akan diutamakan untuk warga lokal. Sebab, mereka yang lebih tahu akan daerah di Karanganyar. Untuk fasilitas apotiknya sangat lengkap dan juga klinik umum dan gigi. “ Kami juga akan melakukan program-program khusus dari PT Kimia Farma yakni cek kesehatan gratis. Ke depan jika memungkinkan ada klinik rawat inap,” imbuhnya. (hr/Adt)