101 Sinden Meriahkan Wayangan Memperingati Hari Jadi Kabupaten Karanganyar

Kominfo
Bupati Karanganyar beserta Forkopimda saat berfoto bersama Dalang Ki Manteb Sudarsono dan Ki Purbo Asmoro setelah secara simbolis menyerahkan wayang kulit tand adibukanya acara wayang kulit memperingati hari jadi Kabupaten Karanganyar, Rabu(07/11).

Karanganyar – 07 November 2018

Gelaran pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Manteb Sudarsono dan Ki Purbo Asmoro serta 101 sinden ramaikan rangkaian hari jadi Kabupaten Karanganyar ke 101 di tahun 2018 ini, Rabu(07/11).

Dihelat di Plaza Alun-alun Karanganyar, Jajaran Forkopimda lengkap didampingi seluruh pejabat struktural di lingkup Kabupaten Karanganyar. Dibuka dengan meriah dengan alunan Medley Lagu Daerah oleh regu paduan suara Setda Karanganyar.

Sekda Karanganyar Samsi sebagai ketua pelaksana kegiatan dalam pidato laporan menjelaskan, karena acara ini merupakan rangkaian memperingati hari jadi Kabupaten Karanganyar dan juga memperingati hari wayang dunia. Panitia mengupayakan sinden yang di hadirkan pun jumlahnya 101, dan semua asli warga Karanganyar.

Dalang Ki Manteb Sudarsono dan Ki Purbo Asmoro dengan lakon “Amarta Binangun”, bintang tamu Yati Pesek, dan Joko Kilitik dan Joko Klutuk ikut meramaikan gelaran wayang kulit ini, Sekda Karanganyar Samsi berharap acara ini bener-bener bisa menghibur masyarakat Karanganyar.

Disela acara digelar lelang perangko bergambar Bupati Karanganyar dari PT.POS INDONESIA yang laku terjual 75 juta rupiah oleh Harsono pengusaha sukses di Batam asli warga Karanganyar.

Bupati Karanganyar Juliyatmono, acara ini selain rangkaian hari jadi Kabupaten Karanganyar juga sekaligus memperingati hari wayang dunia. Rangkaian hari jadi sudah disusun dengan sedemikian rupa sampai akhir tahun 2018.

Dengan Takleine yang sama “ Berjuang bersama membangun Karanganyar “, Juliyatmono memohon do’a restu untuk kembali memimpin Kabupaten Karanganyar dalam lima tahun yang akan datang.

“ Insya Allah tanggal 15 Desember nanti Pelantikannya di Semarang “, Jelasnya.

Karanganyar yang mempunyai arti KA (Kawibawan), RANG (Rangkepaning Lahir Batin), ANYAR ( Telatah Anyar) yang akhirnya Kabupetan ini dinamakan KARANGANYAR.

Maka dari itu Raden Mas Said diangkat dinobatkan menjadi pemimpin pertama di jagat Karanganyar ini. Sekilas sejarah yang disampaikan orang nomer satu di bumi Intanpari ini.

Harapanya Karanganyar tetap gemah ripah loh jinawi, tentrem ayem, tetep berkembang maju untuk melahirkan sumber daya yang maju lewat seni budaya, jelasnya diakhir sambutan.

Demikian Diskominfo(Ard/Tgr).