“Family Gathering” SLB Rahmawati Kholid di Tahura

“Family Gathering” SLB Rahmawati Kholid di Tahura
Oleh : Umi Satiti, S.Pd.,Gr
Guru SLB Rahmawati Kholid, Kab. Karanganyar

 

SLB Rahmawati Kholid adakan “Family Gathering” di Tahura pada hari Rabu, 26 September 2018. Pertemuan yang melibatkan siswa, guru dan orang tua mengusung tema “Kemah Ceria Bersama Keluarga”. Kegiatan ini dikonsep dengan suasana perkemahan meliputi mendirikan tenda, membuat api unggun dan mengisi kegiatan dengan beberapa permainan yang menyenangkan. Adapaun tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan keakraban keluarga besar SLB Rahmawati Kholid.

Tahura yang berlokasi di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar dipilih sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan karena tempatnya masih asri, nyaman dan luas. Didukung dengan fasilitas yang lengkap seperti area bermain anak-anak, kamar mandi, mushola dan fasilitas penunjang lainnya. Selain itu lokasinya yang dapat dijangkau dengan bus menjadikan tempat ini sebagai rujukan dalam kegiatan yang melibatkan banyak peserta.

Acara ini diawali dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh semua siswa dan guru serta disaksikan oleh orang tua. Dalam sambutannya, Ibu Arum Rahmawati, S.Psi., M.Si. menyampaikan bahwa, “Acara Family Gathering ini ditujukan untuk seluruh keluarga SLB Rahmawati Kholid. Semua siswa, guru dan orang tua harus aktif dan bahagia.”

Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga sore hari. Setelah upacara pembukaan dan pendirian tenda, acara dilanjutkan dengan permainan-permainan yang melibatkan seluruh peserta kegiatan baik itu siswa, guru dan orang tua. Semua berpartispasi dalam kegiatan permainan yang dikemas dalam out bound ceria.

“Memilih permainan yang dapat dimainkan oleh anak berkebutuhan khusus dan orang tua memang menjadi tantangan tersendiri. Namun kita harus mampu berkreasi agar anak-anak berkebutuhan khusus juga dapat menikmati permainan.” Ujar Rizky Nuriyana Husaini selaku ketua panitia kegiatan.

Dengan berbekal kreatifitas tanpa batas, tim trainer dan guru berhasil membuat beberapa permainan yang dapat dinikmati bersama. Semua peserta dapat tersenyum dan tertawa

Setelah istrirahat Sholat Dzuhur dan makan siang, acara berlanjut dengan prosesi menyalakan api unggun, pentas kreasi seni, dan aksi bakar jagung bersama. Kegiatan ini semakin seru dengan adanya pembagian hasil Penilaian Tengah Semester (PTS).

“Acara ini sukses dan menjadi rujukan program unggulan bagi sekolah.” Kata Arum Rahmawati selaku kepala SLB Rahmawati Kholid. “Acara ini sukses karena berhasil menyatukan siswa, orang tua dan guru dalam kegiatan bersama tanpa rasa malu, gengsi ataupun rendah diri. Semua senang dan bahagia.” Tambahnya.

Acara ini ditutup pada sore hari dengan penyerahan cindera mata kepada pengelola Tahura dan foto bersama.

Mengenalkan anak-anak berkebutuhan khusus pada dunia luar memang menjadi tantangan. Dan akan sangat menyiksa batin jika orang tua hanya menyembunyikan keberadaan anak berkebutuhan khusus. Sedangkan membawa anak-anak berkebutuhan khusus menikmati kesejukan alam bersama keluarga tanpa rasa malu  adalah kebahagiaan yang tidak terdefinisikan.