Pembukaan Bimbingan Manasik Haji tahun 2019 di gedung IPHI Kab.Karanganyar

Kominfo
Sekda Karanganyar Drs. Samsi, Msi saat membuka bimbingan manasik haji di gedung IPHI Kabupaten Karanganyar, Sabtu(13/10).

Karanganyar – 13 Oktober 2018

Beretempat di gedung IPHI Kabupaten Karanganyar, Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar hadiri sekaligus meresmikan dibukanya bimbingan manasik haji tahun 2019, Sabtu(13/10).

Ketua IPHI Abdul Mu’id dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa saat ini beberapa Kecamatan yang antara lain Jumapolo, Jumantono, Jatipuro, Jatiyoso dan Jaten yg sudah mengadakan pelatihan manasik di masing-masing Kecamatan.

“ Kalau untuk Kabupaten baru mau menyelanggarakan, ini sama dengan IPHI surakarta yang juga baru saja memulai rangkaian bimbingan ini “ jelasnya.

Kami akan menyiapkan pramugari khusus utk membimbing bukan hanya pramugari biasa di pesawat, tp pramugari khusus untuk mendampingi sampai ditanah suci. Penyelenggaraan kurang lebih sekitar 18 hari untuk praktek ibadah haji dan umroh.

Kasubag TU Haji Wuryanto.MM yang hadir mewakili Kepala Kementrian Agama Kabupaten Karanganyar dalam sambutannya menyampaiakan walaupun pelaksanaan ibadah haji masih lama, akan tetapi agenda bimbingan manasik haji ini selalu diselenggarakan jauh2 hari sebelumnya.

“ Ini didasari dari jama’ah haji di tanah suci yang walaupun sudah sering mengikuti bimbingan manasik haji, masih saja banyak ditemui kesalahan yg dilakukan saat menjalani rangkaian ibadah ” imbuhnya.

Segala ibadah yg dilakukan di tanah suci harus didasari dengan niat ibadah yang sangat kuat, jika sampai terjadi niatnya keliru, misal niatnya mau rihlah(rekreasi), nantinya tidak akan mendapat pahala dan bisa merusak ibadah.

Hadir mewakili Buptai adalah Sekda Karanganyar Drs.Samsi.Msi, banyak Kecamatan yang menyelenggarakan bimbingan, pesertanya sedikit karena hanya Kecamatan, makanya difasilitasi di Kabupaten agar jadi satu se Kabupaten Karanganyar, materinya sama, pematerinya pun sama.

” Tulung diikuti semua rangkaian kegiatan bimbingan manasik ini, agar lebih percaya diri dalam menunaikan ibadah di tanah suci, dan niatkan seutuhnya hanyab untuk ibadah kepada Allah ” jelas Sekda Karanganyar Samsi.Msi.

Dalam ibadah utk mencapai masuk surga nantinya, jalanya memang sangat berat. Tapi jika semata2 mengerjakanya hanya utk Allah SWT, insya Allah bisa utk mencapainya.

“ Jangan berpikir yg macam2 dalam menjalankan ibadah di tanah suci, berpikiran positif, kompak dengan sesama rombongan maupun suami istri, dan jalankan ibadah dengan baik “, pesan Sekda Karanganyar diakhir sambutannya..

Diakhiri dengan peresmian dibukanya bimbingan manasik haji ini oleh Sekda Karanganyar.

Demikian Diskominfo(Ard).