Sadar Pentingnya Imunisasi

Kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan Sambutan dan pengarahan dalam Pertemuan Antisipasi Penolakan Imunisasi Kabupaten Karanganyar di Ruang Podang 1, Kantor Bupati Karanganyar, Selasa (24/09).

Karanganyar 25 September 2018

Bupati karanganyar Juliyatmono menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyelamatkan generasi dengan cara sadar akan pentingnya Imunisasi. Selasa (25/09)

Hal tersebut diungkapkan Bupati karanganyar dalam sambutannya, Saat hadir dalam Pertemuan Antisipasi Penolakan Imunisasi Kabupaten Karanganyar Tahun 2018 di Ruang Podang 1, Kantor Bupati Kabupaten Karanganyar.

”Kita semua mempunyai misi untuk menyelamatkan generasi dari penyakit yang secara umum harus gencar betul untuk memberikan pengertian akibat menuai Imunisasi itu penting agar masyarakat tidak terlalu cuek dalam memahami hal tersebut, maka harus ada action kepada sekitar 1,6% yang menolak itu dan segera digarap dibagi menjadi 20 orang yang akan menelusuri dari rumah kerumah dan dapat di formulasikan secepatnya agar tidak menghambat dalam menyelamatkan generasi”, tuturnya.

Fatcul Munir selaku sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar menjelaskan bahwa Imunisasi merupakan upaya pencegahan penyakit menular yang paling efektif, karena selain mencegah penyakit bagi dirinya juga menghindari penyakit bagi orang yang berada di lingkungan sekitar .Upaya pencegahan dengan pemberian vaksin-vaksin yang diberikan secara merata dan menyeluruh. Progam imunisasi bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, angka kematian yang timbul dari penyakit tertentu untuk itu di cegah dengan Imunisasi.

Imunisasi yang di programkan oleh pemerintah baru dapat mencegah 9 jenis penyakit dari 37 jenis penyakit menular. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut harus ada peran aktif dari masyarakat. Oleh karena itu, Masyarakat diharapkan agar berperan aktif secara per orang atau melalui organisasi agar upaya pelayanan meningkatkan imunisasi dapat mencapai pelayanan yang merata dan tinggi, sehingga dapat memberikan perhitungan yang optimal terhadap sasaran program imunisasi.

Kabupaten karanganyar merupakan satu-satunya kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah yang capaian Imunisasi dasar lengkap tingkat desa atau uji desa belum mencapai 100%, Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 2015