Penyampaian Rancangan PERDA Tentang Perubahan APBD Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2018

Diskominfo
Bupati Karanganyar dalam Penandatanganan Berita Acara Serah Terima di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar, Senin (24/9)

Karanganyar 24 September 2018

Nota  Keuangan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2018 dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar Masa Sidang I di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin (24/9).

APBD Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2018 telah berjalan lebih dari (satu) semester perlu diadakan perubahan, hal ini terkait dengan adanya kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dilakukan dalam rangka untuk memperlancar jalannya Pemerintah dan Pembangunan dengan memperhatikan situasi dan kondisi serta memperhitungkan kemampuan daerah yang nyata dalam tahun anggaran 2018 ini.

Adapun kebijakan-kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terkait dengan kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan dan telah dilakukan yaitu dengan menetapkan Peraturan Bupati Karanganyar tentang Perubahan Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Karanganyar juga mendapatkan kenaikan Pendapatan daerah yang bersumber pada lain-lain. Disamping itu sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 14 Tahun 2018 tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2017 terdapat sisa lebih sejumlah Rp 186.963.056.959,00 (Seratus delapan puluh enam milyar Sembilan ratus enam puluh tiga juta lima puluh enam ribu Sembilan ratus lima puluh Sembilan rupiah).

Sedangkan program dan kegiatan dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) Tahun Anggaran 2018 menurut penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah dijabarkan dalam 6 (enam) bidang Urusan Wajib Pelayanan Dasar, 18 (delapan belas) bidang Urusan Wajib Bukan Pelayanan Dasar, 8 (delapan) bidang Urusan Pilihan, dan 7 (tujuh) bidang Urusan Pemerintahan Fungsi Penunjang.

Demikianlah secara ringkas gambaran mengenai Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Karanganyar Anggaran 2018.

Demikian Diskominfo (dnk/vnd)