Peringati Hari Statistik Nasional, Bupati : Percayakan BPS sebagi Lembaga Terpercaya dan Bekompeten

Kominfo
Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Bupati Juliyatmono terhadap Responden dan OPD teladan di Hotel Tamansari, Senin (24/09).

Karanganyar 24 September 2018

Bupati karanganyar Juliyatmono menghimbau untuk mempercayakan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam keakuratan data dan kevalidan data sebagai Lembaga terpercaya dan berkompeten. Senin (24/9)

Hal tersebut diungkapkan bupati karanganyar dalam sambutannya. Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN), BPS menggelar acara ESPOSE DATA yang mengusung Tema “Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa” di Hotel Tamansari, Karanganyar.

“Pemerintah sekarang ini banyak di apresiasi oleh banyak pihak karena penurunan angka kemiskinan secara Nasional sangat signifikan dan jika di kira-kira menurut saya masih tinggi , masih 12% karena harga kebutuhan terus bergerak naik, kalau mau mencolot ya tidak bisa karna harga kebutuhan meninggi. Oleh karena itu, semua pihak untuk mempercayakan Lembaga-lembaga negara untuk akuntabilitasnya seperti BPS ini”, tuturnya.

Kepala BPS Agustinus Hariyanto juga menambahkan alasan mengapa memilih espose data karena ingin memberikan sesuatu yang sudah dihasilkan, sejauh mana data itu berkualitas dan bisa digunakan Pemerintah daerah, karena kualitas itu menentukan factor penting dalam perencanaan pembangunan. Ada tiga data yang di Espose yaitu Espose tentang indeks pembagunan perekonomian, inti perekonomian makro, tingkat kemiskinan.

Angka kemiskinan di Kabupaten Karanganyar pada tahun 2017 mengalami penurunan menjadi 12,28 % yang dimana pada tahun 2016 sebanyak 12,49%. Kemudian pertumbuhan ekonomi mencapai 5,37 %.

Dari kegiatan ini diharapkan setiap pemangku kepentingan yang terlibat dalam menghasilkan data berkualitas baik petugas, pengguna dan responden dapat saling bersinergi.

 

Demikian Diskominfo (An/Ind/Lp)