Sukuh Titik Tepat Untuk Melihat Hilal

Kepala DInas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa sedang mencoba alat untuk mengamati hilal di kawasan Sukuh

 

KARANGANYAR – 10 September 2018

Kawasan Wisata Sukuh dinilai tepat untuk melihat hilal. Pasalnya areal di sekitar candi Sukuh mempunyai ketinggian 1190 dpl. Diyakini dengan ketinggian tersebut akan mudah melihat hilal untuk menentukan pergantian bulan.

“Ini tempat yang representatif untuk rukhiyatul hilal. Bahkan dari tempat lain seperti Pacitan, masih lebih bagus di kawasan Sukuh,” papar panitia penyelenggara Ruhiyatul Hilal, Yusuf Ikhsanu Irham di sela-sela pemantauan hilal (10/09)

Dia menambahkan kawasan sukuh memang sudah enam kali dilakukan pengamatan bulan. Namun dari enam kali tersebut, belum sama sekali terlihat. Meski demikian, pihaknya akan terus mencoba dan pasti suatu waktu akan terlihat. Selain itu, Yusuf mengatakan melihat hilal ini adalah sunah rasullalah SAW. “Kami sudah enam kali melakukan pengamatan namun juga belum berhasil. Saya berharap pengamatan sore akan terlihat hilal karena posisi pada 8 derajad. “Pemerintah daerah sudah mendukung penuh kawasan ini dijadikan tempat melihat hilal. Harapannya kawasan ini juga menjadi tempat destinasi wisata religi,” imbuhnya.

Lebih jauh, dia mengatakan tujuan dari ruhiyatul hilal kali ini adalah untuk pendidikan. Masyarakat juga ikut melihat hilal secara langsung ditempat ini, sehingga menjadi ajang untuk pendidikan. Bahkan, Pemkab Karanganyar sudah membangun tiga lantai untuk melihat hilal.

            Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa mewakili bupati mengatakan jangan pernah bosan untuk berbuat kebaikan. Termasuk melakukan pengamatan hilal di kawasan Sukuh. Jika memang belum melihat, pihaknya meminta untuk terus dilakukan “Pemerintah akan terus mendukung pengamatan hilal di kawasan Sukuh,” tambah Tarsa. (hr/ard)