19 September, Dibuka Pendaftaran CPNS

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi memberikan arahaan kepada ASN pada saat apel di lingkungan Setda.

 

KARANGANYAR – 10 September 2018

Masyarakat diminta untuk mempersiapkan berkas-berkas untuk mendaftar ASN di Karanganyar. Sebab pada tanggal 19 September 2018 akan dibuka secara resmi pendaftaran CPNS serentak secara nasional. Tes akan dilakukan dengan Computer Assisted Tes (CAT).

“Ada nilai tambahan khusus untuk pendaftar yang mempunyai tiga hal ini. Yakni mahasiswa cumlaude, difabel dan mempunyai prestasi seperti Asian Games,” ujar Sekda Karanganyar, Samsi saat apel di halaman kantor Setda Senin (10/09).

Dia menambahkan untuk golongan K2 hanya diberikan kuota 15 persen.  Termasuk usia dibatasi yakni 35 tahun dan itu ketentuan dari pemerintah pusat. Dia meminta anggota ASN di Karanganyar harus bisa menepis berita-berita miring atau tidak benar. Misalnya CPNS diangkat tanpa tes. “Sekali lagi saya tegaskan semua pendaftar PNS menggunakan tes. Termasuk untuk K2 juga menggunakan tes jika ingin terjaring pegawai negeri,” imbuhnya.

Lebih jauh, Samsi mengatakan ada rolling ASN di lingkungan kantor Setda Karanganyar. Sebab saat ini kabag dari jumlah 10 baru ada 8 orang. Artinya ada dua kabag yang kosong. Sementara kasubag dari 30 orang baru ada 28 sehingga kurang dua orang. Jabatan pelaksana seharusnya 145 orang baru ada 123 orang sehingga kurang 22 orang. Kekurangan ini akibat pensiun dan pindah. Kemudian fungsional perancang UU 10 orang baru ada 6 orang. Analisis kebijakan belum juga terisi. “Mengingat kondisi demikian sehingga ASN di lingkungan setda akan diputar atau dirotasi. Rencana ada 12 orang yang akan dirotasi atau dimutasi antar bagian. Rolling ini murni karena kebutuhan dan golongan yang ada,” imbuhnya.

Dia meminta ASN yang kena rolling atau pergeseran tidak perlu cemas. Jangan menilai suatu tempat itu basah atau kering. Yang harus direnungkan adalah peningkatan karir masa depan dari ASN sendiri. Sebab kedepannya tetap menutut kompetensi tinggi. Sehingga pergeseran ini akan memperkaya pengalaman dan wawasan untuk peningkatan karir ASN. (hr)