6 Orang Dapat Penghargaan Setya Lencana Melati dan Panca Warsa

 

Kepala DInas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa menerima penghargaan Lencana Melati dari Kwartir Nasional. Gerakan Pramuka. Tarsa salah satu dari keenam orang yang menerima penghargaan

 

KARANGANYAR – 15 Agustus 2018

Enam orang dapat kado istimewa dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada upacara hari Pramuka ke 57 dan Hari Jadi Pemerintah Propinsi Jawa Tengah di halaman setda Karanganyar. Keenam itu adalah Tarsa, Hery Mulyadi dan Sugeng mendapatkan penghargaan Lencana Melati dan Ngadiyem, Etik Sulastri, Supramnaryo mendapatkan Lencana Panca warsa. Penghargaan tersebut diberikan karena mereka telah berjasa pada gerakan pramuka.

“Gerakan pramuka diharapkan terus menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Serta mendasarkan pada setya dan dharma pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku,” papar bupati Karanganyar dalam upacara HUT Pramuka ke 57 dan Hari jadi Provinsi Jawa Tengah ke 68.

Dalam konteks Indonesia, tambah Bupati gerakan pramuka menjadi rumah bersama meskipun terdapat sekat-sekat perbedaan baik itu suku bangsa, agama dan bahasa. Peringatan hari pramuka kali ini mengangkat tema Pramuka Perekat NKRI. Diharapkan gerakan pramuka fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Gerakan pramuka membuktikan dan memberikan kontibusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. Di era generasi milinea, dewasa ini gerakan pramuka harus dapat lebih berperan,” imbuhnya.

Lebih jauh, Bupati berharap pada orang tua maupun seluruh jajaran gerakan pramuka untuk bekerja sama secara sinergi guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, Serta mempunyai karakter, berwatak handal dalam berfikir dan bertindak memiliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

Sementara sambutan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo uang dalam memperingati hari jadi ke 68 pemerintah propinsi yang dibacakan Bupati Karanganyar mengatakan saat ini pembangunan Jateng terus bergerak ke arah  yang semakin baik. Hal ini ditandai dengan angka pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak ke arah yang positif. Pertumbuhan ekonomi Jateng  tahun 2017 sebesar 5, 27 persen dan capaian ini lebih baik daripada pertumbuhan ekonomi nasional 5,07  persen. Salah satu hal yang signifikan yakni mengurangi angka pengangguran. Dengan tumbuhnya sektor industri di Jateng. “Birokrasi yang baik menjadi kunci sebuah pemerintahan yang baik dan menentukan keberhasilan pembangunan,” tandasnya.

Selain itu, Bupati Karanganyar juga memberikan penghargaan kepada kontingen Pramuka Karanganyar yang telah mengikuti Kemah bersama di Karanggeneng, Gunung Pati, Semarang. Tim kontingen dari Karanganyar juga mendapatkan penghargaan Juara 1 LCTP putra, Juara harapan 3 LCTP Putri, Juara Harapan 1 K3 Putri, Juara Harapan 3 Menaksir Putri, Juara Harapan 3 News Presenter Putra. (Hr/Ina)