Kwartir Cabang Pramuka Karanganyar Gelar Renungan Suci Dan Sarasehan

 

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karanganyar menggelar renungan suci di halaman SDN 01 Cangakan. Upacara ulang janji dipimpin Ketua Kwartir Cabang Karanganyar, Kakak Samsi

 

KARANGANYAR – 13 Agustus 2018

Memperingati HUT pramuka ke 57, Kwartir Cabang Kabupaten Karanganyar menggelar sarasehan dan ulang janji di SDN 01 Cangakan. Saresahan tersebut dilakukan untuk evaluasi diri dan menata ke depan program yang akan dilaksanakan. Termasuk melakukan renungan suci dan ulang janji dasa darma pramuka.

“Pramuka dimanapun bisa membuat senang dan pandai membaca situasi. Pada saat haji, tidak ada jemuran maka waktu itu saya membuat. Ini contoh kecilnya, pramuka bisa bertahan dalam keadaan apapun,” papar Ketua Kwartir Cabang Karanganyar, Samsi saat sarasehaan dengan anggota pramuka, Senin (13/08).

Dia menambahkan tema memperingati hari jadi ke 57 ini adalah pramuka merajut NKRI. Pihaknya terus berupaya untuk menamankan rasa cinta tanah air kepada anggota pramuka di wilayah Karanganyar. Sebab kecintaan itu adalah modal untuk membangun bangsa dan negera. Pada kesempatan itu, Samsi juga mengingatkan pengiriman degelaasi untuk kegiatan pramuka hendaknya diganti-ganti. Supaya pengalaman dan ilmu hadir pada orang lain. “Yang ikut pelatihan, diminta menularkan ilmu kepada yang lain. Sehingga ilmu itu akan terus bergerak dan bukan mandek,” tambahnya.

Sementara sekitar pukul 21.15 digelar renungan suci di halaman SD sebelah utara Kantor Kelurahaan Cangakan tersebut. Renungan suci dipimpin oleh pembina upacara Samsi. Sedangkan peserta yang lain berkeliling membentuk lingkuran dengan ditengahnya terdapat lilin. Secara bergantian mereka mengucaopkan dasa darma Pramuka dan berdoa. (hr)