Barada Karanganyar Adakan Senam Sehat Indonesia

diskominfo
Penyerahan Kartu Anggota Barada SSI Karanganyar yang merupakan bantuan dari Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada perwakilan anggota Barada SSI Karanganyar oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Titis Sri Jawoto.

Agenda rutin Badan Penyelenggara Daerah Senam Sehat Indonesia (BARADA SSI) tersebut diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Sabtu Pagi (11/08). Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Barada SSI Propinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Ketua FORMI Karanganyar, Ketua KONI Karanganyar, dan Ketua Barada SSI se-Solo Raya.

Senam Sehat Indonesia kali ini di ikuti oleh anggota SSI se-Solo Raya dengan rincian jumlah peserta Barada SSI Surakarta 25 orang, Barada SSI Sragen 250 orang, Barada SSI Sukoharjo 200 orang, Barada SSI Klaten 100 orang, Barada SSI Boyolali 200 orang dan Barada SSI Karanganyar 1.600 orang.

Ketua SSI Karanganyar, Hj. Sri Suryanti dalam laporannya menyampaikan berdasarkan kesepakatan bersama BARADA SSI se-Solo Raya untuk meningkatkan kesehatan, kekompakan dan menjalin silaturahmi, maka setiap semester atau 6 bulan sekali diadakan senam Bersama secara bergilir di Kabupaten/Kota.

“Karanganyar sebagai penyelenggara SSI kali ini memiliki 17 BARACAM, 100 Sasana (tempat latihan) dan instruktur pelatih sebanyak 154 orang serta anggota yang telah bergabung dengan SSI Karanganyar sebanyak 2.771 orang yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar”, Kata Sri Suryanti

Ditambahkan oleh Sri Suryanti, untuk meningkatkan ketrampilan dan kesamaan gerak, maka diadakan pertemuan instruktur dan pelatih tiap tanggal 15 dan pertemuan pengurus dilaksanakan tiap 2 bulan sekali. Selain itu, BARADA SSI Kabupaten Karanganyar juga memberikan Kartu Tanda Anggota secara gratis kepada semua anggota.

Selanjutnya Wakil Ketua BARADA SSI Provinsi Jawa Tengah Ahmad Subarjo menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan salah satunya dengan berolahraga senam. Senam Sehat Indonesia (SSI) merupakan salah satu bentuk olahraga senam yang memiliki arti penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran masyarakat.

Salah satu penyebab terjadinya perubahan pola penyakit adalah akibat pola hidup yang tidak sehat antara lain tidak memiliki waktu untuk olahraga, kurang istirahat, menginginkan yang serba instan dalam urusan makanan atau stress akibat masalah yang sulit teratasi sehingga meningkatkan biaya kesehatan.

“Untuk itu marilah kita biasakan hidup sehat dengan melakukan hal yang cukup sederhana seperti melakukan Senam Sehat Indonesia atau olahraga lain yang murah, mudah dan meriah”, ajak Subarjo. Demikian Diskominfo (Ad/F3a)