Dua Raperda Dibahas Dalam Rapat Paripurna DRPD Karanganyar

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD, Kamis Siang (09/08)

Karanganyar – Rapat Paripurna DPRD Karanganyar masa sidang III  memiliki agenda jawaban DPRD atas Pendapat Bupati Karanganyar terhadap rancangan peraturan daerah yang berasal dari DPRD Kabupaten Karanganyar yakni Rancangan Peraturan Daerah tentang Pelestarian Budaya Jawa dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Kepemudaan. Bupati Karanganyar Juliyatmono beserta rekan Forkompinda dan jajaran OPD di Kabupaten Karanganyar hadir di Ruang Paripurna DPRD Karanganyar, Kamis Siang (09/08) guna mengikuti rapat paripurna yang merupakan lanjutan dari Rapat Paripurna sebelumnya.

Dalam tanggapan DPRD Karanganyar yang dibacakan oleh Suwarni atas masukkan Bupati Karanganyar untuk menambahkan tujuan pelestarian budaya yang mengandung unsur pemahaman untuk menimbulkan kesadaran, perencanaan secara kolektif, dan pembangkitan kreativitas Kebudayaan dapat memperkuat upaya dalam melestarikan budaya jawa.

Usulan penambahan BAB strategi Pelestarian Budaya Jawa dan BAB Pengembangan Budaya Jawa dapat diupayakan ditambahkan dalam raperda, mengingat akan pentingnya hal tersebut dalam menyempurnakan Raperda Pelestarian Budaya Jawa.

Terkait tanggapan Bupati Karanganyar mengenai Komunitas Remaja atas Raperda tentang Kepemudaan, DPRD Kabupaten Karanganyar telah menyusun melalui beberapa tahapan diantaranya pengkajian naskah akademis, Focus Group Discussion dan Public Hearing serta sesuai dengan hasil fasilitasi Gubernur, ketentuan pengaturan mengenai Remaja dan Komunitas Remaja telah dihapus, dengan demikian dalam Raperda tentang Kepemudaan telah berfokus kepada Pemuda yang sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

Sebelum Rapat ditutup oleh Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, menyampaikan terima kasih atas persetujuan dan dukungan Bupati Karanganyar Juliyatmono terhadap Kedua Raperda tersebut. Dan berharap ada kerjasama yang baik dan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan DPRD Karanganyar gna mewujudkan visi dan misi Kabupaten Karanganyar. Demikian Diskominfo (ad/dn)