Dicari Atlet Handal Bulutangkis.

Ketua PBSI Karanganyar, Juliyatmono memberikan paparan jika bumi intanpari banyak atlet handal bulutangkis

KARANGANYAR – 3 Agustus 2018

Djarum Beasiswa Bulutangkis membuka audisi umum bagi atlet bulutangkis muda di Karanganyar. Bertempat di stadion RM Said, beasiswa bulu tangkis diperuntukkan untuk kelompok usia 6-10 tahun (U-11), 11-12 tahun (U-13) dan usia 13-14 tahun (U-15). Para peserta memperebutkan 18 tiket untuk modal maju ke final audisi di Kudus pada 7-9 September.
“Audisi tahun ini berbeda dari tahun lalu yang dibuka hanya untuk dua kelompok umur, yakni U-11 dan U-13. Sedangkan di Karanganyar ini kami mengantisipasi calon peserta yang sulit masuk karena kelebihan usia. Sehingga membuka audisi umum di tiga kelompok usia,” kata Manager Tim PB Djarum, Fung Permadi dalam konferensi pers di Stadion RM Said, Jumat (3/8).

Tim PB Djarum tanpa ragu menggelar audisi umum di Karanganyar, sama seperti tahun 2017. Ia meyakini timnya mampu menjaring atlet berbakat dari dari wilayah eks Karisidenan Surakarta yang berpotensi mencetak calon juara nasional dan tingkat dunia. Baru-baru ini, atlet putri kelahiran Karanganyar, Ribka Sugiarto, yang berpasangan dengan Febriana Dwipuji Kusuma di ajang Asia Junior Championship 2018, mampu meraih medali emas ganda putri.

“Kita sengaja mencari atlet dari Karanganyar dan sekitarnya, karena wilayah ini sangat potensial. Apalagi bulu tangkis di Karanganyar dibina sendiri oleh bupatinya yang juga ketua PBSI,” kata Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin.

Sementara itu di tahap screening yang akan berlangsung pada Sabtu (4/8), seluruh peserta lolos tahap ini dijadwalkan menjalani turnamen pada Minggu-Senin (5-6/8). Tiap pencari bakat PB Djarum memiliki kriteria tersendiri dalam melihat kemampuan lebih para peserta. Pada audisi di Karanganyar, PB Djarum mempercayakan itu ke para legenda bulu tangkis seperti Fung Permadi, Basri Yusuf, Yuni Kartika, Sigit Budiarto, Alvent Yulianto, Tri Kusharjanto, dan Sulaiman.

Hingga pukul 16.00 WIB, jumlah pendaftar audisi mencapai 600-an untuk tiga kategori. Salah satu pencari bakat PB Djarum, Yuni Kartikasari mengatakan tahap screening pada Sabtu mulai dibuka pukul 08.00 WIB. Momen itu menjadi istimewa karena jawara bulu tangkis ganda putri di ajang Asia Junior Championship 2018, Ribka Sugiarto dan Febriana Dwipuji Kusuma, bakal dihadirkan. Keduanya juga bakal menerima penghargaan dari PB Djarum.

“Harapannya, memberi semangat anak-anak itu agar bisa seperti para juara,” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan Bumi Intanpari melahirkan calon atlet berbakai di semua cabang olahraga. Dalam mengembangkan minat bermain bulutangkis, tiap desa/kelurahan difasilitasi   lapangan. “Olahraga ini sudah familiar di masyarakat dan saya yakin Karanganyar banyak atlet berbakat,” imbuhnya. (Hr/Yg)