Ganjar Meninjau Embung Dungdo di Matesih Karanganyar

Diskominfo
Gubernur Jawa Tengah saat berdialog dengan salah satu petani ikan di Waduk dungdo Desa Gantiwarno Kecamatan Matesih

Karanganyar, 01 Agustus 2018

Dari bebeberapa kunjungan yang di lakukan oleh ganjar pranowo selaku gubernur jawa tengah di karanganyar .ia, berkesempatan meninjau embung dungdo di kelurahan gantiwarno , kecamatan matesih(01/08 ).

Acara yang dilakukan ganjar mengunjungi beberapa daerah di karanganyar ini bertujuan untuk meninjau dan menerima keluhan masyarakat secara langsung menuju jawa tengah yang makmur dan sejahtera .

Masyarakat Ganti Warno yang notabennya berprofesi petani mengeluhkan susahnya mencari air dimana Embung dungdo sendiri hampir mengalami  kekeringan pada musim kemarau ini . salah satu warga menyampaikan keluhan tersbut kepada gubernur jawa tengah “masa tanam satu kami tanam padi. Tanam dua juga padi , yang mana masa tanam tiga ini padi juga , “ tutur salah satu warga ,harto sugi.

Dia mewakili petani yang ada di daerah gantiwarna mengusulkan bahwasanya untuk mengantisipasi hal tersbut untuk membuat bendungan baru lagi yaitu bendungan kleco yang mana dapat bermanfaat untuk pengairan sawah di daerah tersebut juga selain itu untuk untuk minum hewan ternak , imbuhnya .

Ganjar pun menampung usulan dan keluhan warga sekitar , dimana ia menyarankan untuk mengubah pola tanam “ masa tanam 1 ditanam padi , masa tanam 2 ya jangan padi lagi nantinya sulit , coba palawija atau tanam kedelai saja” usulnya .

Untuk pembangunan bendungan baru , bendungan kleco akan didiskusikan lagi dengan bupati kab. Karanganyar . apabila sekiranya masyarakat butuh bendungan lagi akan di buatkan kedepannya tapi belum memastikan rencana pembangunan .untuk saat ini fokus dalam mengubah pola tanamnya . “ kalau buat dibendung lagi ya pecuma . apa yang mau di bending ? kan kering , tidak ada airnya . nanti dari kita mengechek dahulu . ya sementara ini , cara yang paling efektif adalah mengubah pola tanam, ya ,”imbuh Ganjar.

Demikian Diskominfo (Ard/Adt/Adi.N)