Pemberdayaan P3A/GP3A Se-Kabupaten Karanganyar Tahun 2018

DISKOMINFO
Sekretaris Daerah Karanganyar Samsi memberikan pengarahan dihadapan ketua P3A dan GP3A dan petugas operasional lapangan di Aula Panti Asuhan Aisiyah, Selasa (24/7). 

Karanganyar, Selasa 24 Juli 2018

Pelaksanaan Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A/GP3A) Se Kabupaten Karanganyar Tahun 2018 dihadiri sekitar 200an petani yang bertempat di Aula Panti Asuhan Aisyiah pada Selasa (24/07). Acara tahunan ini bertujuan untuk memandirikan lembaga / organisasi, kemampuan teknis pengelolaan irigasi dan teknis usaha tani, dan pengelolaannya serta kemampuan kewirausahaan sehingga terwujud P3A/GP3A yang lebih berdaya dan mandiri dalam pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi partisipatif.

Sambutan sekaligus pengarahan oleh Sekretaris Daerah Karanganyar Samsi bahwa Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengapresiasi terselenggaranya kegiatan semacam ini. Dalam kegiatan ini adalah yang pertama menambah pemahaman, silaturahmi dan pengalaman. Karanganyar mempunyai potensi pernah mendapat juara tingkat nasional yaitu juara kedua dan semoga akan lahir juara-juara lain, bicara tentang pengembangan wilayah, wilayah dikaranganyar ini tidak akan habis jika dijaga pertaniannya dengan protek 26000 ha harus dipertahankan menjadi lahan tani. Karanganyar ini merupakan penyandang kota solo yang solo tidak muat larinya ke Karanganyar baik industri ataupun perumahan. Kabupaten Karanganyar setahun lagi akan menjadi hebat dengan diresmikannya waduk Gondang tahun ini, bisa sebagai penyangga kekurangan air bagi petani. Struktur Air dimanapun air itu yang utama dan yang pertama digunakan untuk minum, setelah itu baru untuk pembangkit listrik dan yang ketiga sebagai sarana umum seperti pariwisata.

Sementara itu, PLT Kabag Perekonomian Nurrohmah  melaporkan bahwa kegiatan ini berlangsung 3 hari pembinaan dan kunjungan lapangan ke Cilacap pada tanggal 30 dan 31 Juli. Berkunjung ke P3A Jatimulyo Desa Cigati Cimanggu Cilacap. Tujuan diadakan pembinaan ini adalah agar P3A lebih mandiri.

Demikian Diskominfo (F3a/Ina)