Jawa Tengah Langganan Juara, Karanganyar Berpeluang

Tim Visitasi Lomba Gugus Depan Unggul yang Dipimpin oleh Emilia Susanti (berbaju biru) saat datang di SDN 2 Malangjiwan Colomadu Karanganyar untuk melakukan penilaiaan.

KARANGANYAR – 4 Juli 2018

Jawa Tengah digandang-gandang menjadi juara 1 lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang tingkat Sekolah Dasar tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Pasalnya dua tahun berturut-turut, Jawa Tengah menjadi juara 1 dalam ajang bergensi dibidang kepramukaan di tingkat nasional. Dari empat dari di Jawa Tengah yang dinilai oleh tim penilai Visitasi, Karanganyar berpeluang menjadi juara karena dinilai luar biasa.

“Dari dua kali pelaksanaan lomba Gugus Depan Unggul, Jawa Tengah selalu menjadi juara 1. Dari keempat daerah yang dinilai yakni Semarang, Grobogan, Sragen dan Karanganyar, memang semuanya luar biasa kepramukaannya,” ujar tim penilai Visitasi Emilia Susanti dari Kementrian Pendidikan Nasional.

Dia menambahkan lomba gugus depan unggul ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dua tahun sebelumnya, tim turun untuk melakukan penilaian portopolio. Namun untuk tahun ini, fortopolio dikirimkan terlebih dahulu ke Kementrian, baru tim mendatangi lokasi untuk mencocokan. Artinya, Karanganyar sudah masuk satu strip untuk mewakili Jawa Tengah lomba gugus depan di Malang, Jawa Timur tanggal 6-11 Agustus 2018. “Saya sempat pesimis karena peniliaan dilakukan saat anak-anak menjalani libur semester. Namun saya hadir di SDN 02 Malangjiwan disambut anak-anak yang sangat luar biasa,” imbuhnya.

Lebih jauh, Emilia mengatakan pramuka merupakan progran unggulan dari kementrian Pendidikan Nasional karena pendidikan karakter. Pramuka adalah bagian dari pendidikan karakter. Sekaligus ini juga sejalan dengan nawacita Program Indonesia pintar. “Penilaian ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sementara Kepala SDN 2 Malangjiwan, Ngadiyem mengatakan gerakan pramuka di SDN 2 Malangjiwan Kecamatan Colomadu, Karanganyar sangat baik. Gerakan pramuka adalah mendidik kaum muda Indonesia pengembangan mental moral spriritual dan emosial. Visi Gugus Depan 1703 putra dan 1704 Putri SDN 2 Malangjiwan wadah pembentukan karakter bangsa hingga melahirkan generasi yang kreatif dan inovatif Serta beraklah mulia. “Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran tim visitasi ke SDN 2 Malangjiwan. Saya berharap kami yang terbaik dan jika memang ada yang kurang kami mohon arahaan dan bimbingan,” imbuhnya. (hr/ard)