Beri Petunjuk Teknis Keprotokolan yang Benar, Bagian Humas dan Telekomunikasi Adakan Sosialisasi

DISKOMINFOAsisten III Administrasi, Drs Sutarno MSi menyampaikan sambutan Bupati Karanganyar sekaligus membuka secara langsung Sosialisasi Petunjuk Teknis Keprotokolan di Podang I Setda Karanganyar, Selasa (26/6).

Karanganyar, Selasa 26 Juni 2018

Bagian Humas dan Telekomunikasi menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis Keprotokolan yang dilaksanakan di Ruang Podang I Setda Kabupaten Karanganyar, Selasa, 26 Juni 2018. Dalam  kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten III Administrasi,OPD, BUMD dan Bagian di lingkungan Setda Kabupaten Karanganyar.

Kabag Humas dan Telekomunikasi, Yuli Astuti dalam laporannya mengatakan dasar kegiatan penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis Keprotokolan ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan dan Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 121 Tahun 2018 Tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018.

Tujuan dari penyelenggaraan Kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis Keprotokolan ini untuk memberikan pemahaman tentang ruang lingkup keprotokolan dan pelaksanaan keprotokolan di Kabupaten Karanganyar serta sinkronisasi yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Pimpinan Daerah di Instansi ataupun di Daerah agar tehnis keprotokolan dapat dilaksanakan dengan baik di tingkat kabupaten maupun wilayah.

Pihaknya berharap dengan digelarnya sosialisasi ini  dapat menjadi tangan panjang dari wilayah ke Kabupaten dalam pelaksanaan tehnis keprotokolan ke depannya.

Sementara itu Bupati Karanganyar yang diwakili Asisten III Administrasi Setda Karanganyar, Sutarno dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Bagian Humas dan Telekomunikasi pada hari ini. Kegiatan sosialisasi ini akan banyak memberikan manfaat bagi peserta perwakilan OPD, BUMD dan Bagian di lingkungan Setda dalam rangka menambah pengetahuan dalam pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dihadiri oleh Pimpinan Daerah.

Pengetahuan keprotokolan sangat penting utamanya dalam pelaksanaan kegiatan atau acar, baik itu acara resmi kenegaraan ataupun acara pemerintahan.banyak hal yang harus dipahami dan dikuasai, mengingat keprotokolan bukan hanya sekedar memandu sebuah acara, akan tetapi Keprotokolan merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam Negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Beliau berharap pengetahuan tentang keprotokolan ini dapat dimengerti dan dikuasai, agar setiap OPD, BUMD, maupun bagian untuk bisa mempersiapkan sesuai aturan dan berkoordinasi dengan Bagian Humas dan Telekomunikasi guna kelancaran dan kesuksesan acara.

Demikian Diskominfo (f3a/ina)

.