1.997 Personel Pangawas Pemilu Apel Akbar

Anggota Panwaslu dan Pengamanan pemilu membakar wayang sengkuni di Alun-Alun Karanganyar. Pembakaran sebagai simbol sifat jahat sengkuni dapat hilang sehingga Pilgub dan Pilbup berjalan dengan damai, aman dan lancar

 

KARANGANYAR – 26 Juni 2018

 

Perhelatan Pemilu Gubernur (Pilgub) dan Pemilu Bupati (Pilbup) siap dihelat di Kabupaten Karanganyar. Terbukti, 1.997 personel pengawas pilgub dan pilbup menggelar apel akbar di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar. Mereka sepakat mengawasi hajatan pemilu lima tahun sekali tersebut.

            “Apel ini juga untuk memastikan warga yang mempunyai hak pilih melaksanakan hak pilihnya. Sebaliknya yang tidak memilih juga tidak melaksanakan hak pilihnya dengan baik. Sekaligus memastikan logistik pemilu sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” papar Ketua Panwaslu Kabupaten Karanganyar Kustawa Esye dihadapan ribuan pengawas.

            Kustawa mengatakan 1997 personel itu terdiri dari 3 dari Pengawas Kabupaten, 85 personel pengawas tingkat kecamatan, 177 personel pengawas desa dan kelurahaan dan 1721 pengawas TPS. Menurutnya apel kesiagaan pemilu juga untuk mencegah dini permasalahaan pelanggaran pemilu yang dimungkikan terjadi. “Paradigma panwaslu adalah mengutamakan pencegahaan. Namun kenyataan masih banyak terjadi pelanggaran. Kami harus melaksanakan tindakan tegas dan menjatuhkan sanksi sesuai UU No 10 tahun 2016 tentang pilkada,” imbuhnya.  

Dalam kesempatan apel siaga tersebut, dilakukan ritual istiqfar pengeruwatn pilkada. Pembakaran wayang sengkuni dimaksudkan untuk membuang sifat jahat agar pelaksanaan pilkada berjalan dengan damai dan aman.

            Sementara Sekda Karanganyar, Samsi mengucapakan terima kasih atas kesiapan anggota pengawas pemilu. Pihaknya berharap pengawas di Kabupaten Karanganyar hendaknya profesional, integritas dan sportif. Sebab dengan tindakan profesinal, integritas dan sportif akan membawa hasil demokrasi yang jujur, adil, aman, lancar dan tertib. “Kami mengucapkan terima kasih kepada KPU, panwas dan aparat keamanan dari Polisi dan TNI dan yang telah menyiapkan segala sesuatu. Semua demi sukses Pilkada Karanganyar,” imbuhnya.

 

Sementara Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto mengucapkan terima kasih kepada panwaslu dan jajarannya. Hal ini menujukkan kesiapsiagaan dalam pelaksanaan Pilgub dan Pilbup. Pihaknya amanat tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Pihak kepolisian dan Kodim 0727 telah menerjukan 500 personel  di lapangan. “Silahkan berkoordinasi, komunikasi dan kolaborasi dengan personel pengamanan agar terbentuk kerjasama yang harmonis antara pengamanan dan pengawas. Saya berharap anda semua menjalankan tugas dengan baik dan akan menjadi bagian dari sejarah Kabupaten Karanganyar,” tambah Kapolres. (hr/adt)