Kebakkramat Jadi Juara Rampak Bedug

 

Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi R memukul bedug tanda dimulai lomba rancak beduk di halaman Masjid Agung Karanganyar
Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi menyerahkan lomba pawai takbir menyambut 1 Syawal 1439 H
Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro BR menyerahkan piala kepada juara 1 Lomba Rampak Beduk yakni dari Kecamatan Kebakkramat

KARANGANYAR – 14 Juni 2018

Kebakkramat menjadi juara lomba Rampak Bedug Malam Gema Takbir Idul Fitri 1439 H yang diselenggarakan di halaman masjid Agung Karanganyar. Disusul oleh Tasikmadu sebagai juara II dan Karangpandan sebagai juara III. Lomba rampak bedug diselenggarakan dalam menyambut 1 Syawal atau hari raya lebaran.

“Festival rampak beduk ini diikuti oleh 17 kelompok dari 17 kecamatan. 6 penyaji terbaik akan tampil di Final pada malam takbiran kali ini.” Papar Ketua Departemen Agama (Depag) Karanganyar Mustain Ahmad saat memberikan sambutan dalam lomba rampak beduk.

Mustain menambahkan gema takbir ini juga dalam rangka mensyukuri ramadhan atau bulan puasa tahun ini telah berakhir. Melalui sidang isbat, ramadhan telah ditetapkan 1 syawal ditetapkan 15 Juni 2018. Kegiatan lomba beduk merupakan rangkaian kegiatan Karanganyar bertaqwa. “Alhamdulillah, semua agenda telah dicanangkan dengan Pemkab karanganyar semua berjalan dengan sesuai agenda dan terlaksana dengan baik. Kami berharap kegiatan dapat membawa manfaat bagi,” imbuhnya.

Selain rampak beduk, kegiatan menyambut hari raya idul fitri dimulai dengan pelaksanaan takbir keliling diikuti oleh 25 TPA  dan terdiri dari 1500 santri. Sedangkan zakat fitrah se kabupaten Karanganyar terkumpul 1626 ton beras dan  2,9 ton oleh baznas. Zakat mal dari pemimpin dan masyarakat terkumpul Rp 82 juta.

Sementara Pjs Bupati Karangayar, Prijo Anggoro Budi Raharjo mengapresiasi dengan baik Karanganyar bertaqwa. Pihaknya mengaku baru pertama kali merayakan lebaran di Karanganyar. “Saya ingin menikmati indahnya malam takbir di Karanganyar. saya lihat dari mulai anak kecil sampai dewasa jadi satu mengundangkan takbir,” imbuhnya. (hr/Adt)