BAZNAS Karanganyar Salurkan Zakat Fitrah

Sekda Karanganyar, Samsi memperlihatkan beras zakat fitrah dari Baznas Karanganyar untuk di distribusikan kepada penerima

Karanganyar, Selasa (12/06/2018)

Baznas Karanganyar menyalurkan zakat fitrah berupa beras kepada pemohon yakni 70 masjid, 49 lemabag/masyarakat, 10 panti asuhan atau pondok pesantren, 17 instansi atau sekolah yang tersebar di Kabupaten Karanganyar, Selasa (12/06) di halaman Masjid Agung Karanganyar.

Dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar, ada tiga Kecamatan yang tidak mengajukan permohonan zakat fitrah, antara lain Kecamatan Jatipuro, Kecamatan Jumapolo dan Kecamatan Ngargoyoso.

Pengurus Baznas Karanganyar, Iskandar, mengatakan jumlah pemohon di tahun 2018 ini sebanyak 146 pemohon. Sedangkan jumlah total perolehan zakat firah sebesar 20,09 ton beras dan Rp. 83 juta infaq.

“Kami mendistribuskan untuk 4.000 penerima, dengan cara pembagian langsung diantarkan kepada penerima, setelah kami distribusikan untuk pemohon. Hal itu agar tidak terjadi pengumpulan massa,” kata Iskandar.

Ditempat yang sama, Sekda Karanganyar, Samsi, mengucapkan terima kasih ke pada donatur ZIS. Namun dia juga menjelaskan terkait jumlah perolehan zakat fitrah yang menurun dari tahun 2017.

“Kalau tahun kemarin bisa mencapai 24 ton bukan karena donatur menurun, namun ada swakelola sendiri. Contoh ada salah satu sekolah di Kebakkaramat yang menghimpun, dan salurkan sendiri sebanyak 1 ton lebih,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Dinas Sosial Karanganyar juga membagikan kepada penyandang disabilitas sebanyak 250 orang, masing-masing menerima 5 Kilogram beras.(pd)